Home Made Bakery, berkomitmen menjaga kualitas bahan baku yang dipakai

“Makanan adalah kebutuhan manusia, dari hal tersebutlah saya melihat peluang untuk membuka bisnis makanan,” Darwin Sofyan, pemilik dan pendiri Home Made Bakery, menuturkan saat membuka percakapan dengan BARECA. Peluang usaha adalah alasan utama dari pria yang akrab disapa Darwin, membuka usaha Home Made Bakery.

Bakery yang telah berjalan selama lebih dari 25 tahun ini termasuk bakery yang tergolong lama dan mapan yang ada di Jakarta Utara, khususnya di wilayah Kelapa Gading. Home Made Bakery memiliki visi untuk menjadi pemain besar usaha bakery yang ada di Indonesia. Dalam mewujudkan visinya, Home Made Bakery memiliki komitmen untuk menjaga kualitas bahan baku yang dipakai.

Darwin mengatakan bahwa menjaga konsistensi adalah sebuah kunci yang penting dalam menjalankan usaha makanan. Dalam bisnis makanan, rasa dan bentuk makanan harus tetap konsisten. Maka dalam mengembangkan Home Made Bakery, Darwin sangat memperhatikan setiap tahapan dalam proses pembuatan roti, mulai dari pemilihan bahan sampai pada cara pembuatan rotinya.

Darwin juga menjelaskan bahwa resep yang dipakai di Home Made Bakery adalah resep yang ia pakai sejak awal memulai usahanya. Maka, tiap roti yang dijual saat pertama kali usaha ini berjalan, tetap memiliki rasa dan tekstur yang sama sampai sekarang. Konsistensi ini membuat pelanggan Home Made Bakery tetap setia pada bakery ini.

Dari tahun 1993 sampai sekarang, Home Made Bakery telah menciptakan sebanyak 200 menu roti. Darwin mengaku bahwa tiap gerai memiliki menu roti yang berbeda. Ketersediaan menu tergantung dari produk yang banyak dibeli di gerai tersebut. Misalnya jika roti tertentu laku di gerai A, namun tidak laku di gerai B, maka roti tersebut hanya dijual di gerai A saja.

Berbagai Macam Roti Keju

Keju cheddar olahan atau processed cheddar cheese, sudah lama disukai banyak masyarakat Indonesia. Cita rasa keju ini juga yang menjadi varian rasa yang disukai oleh pelanggan Home Made Bakery.

Home Made Bakery menawarkan berbagai macam roti keju, mulai dari roti dengan topping keju sampai roti keju yang dimodifikasi ke dalam bentuk-bentuk yang unik. Beef Flossy Lion contohnya; merupakan mexican bread yang diubah menjadi rasa savory dengan penambahan abon sapi dan keju parut. Kreasi ini menggunakan produk keju cheddar olahan produksi dari PT Megmilk Snow Brand Indonesia yaitu MEGkeju.

Mexican bread yang umumnya diisi dengan butter, kali ini diisi dengan parutan MEGkeju yang gurih. Roti ini dibuat dan dihias menjadi bentuk kepala singa dengan topping abon di sisinya yang menyerupai surai singa dan gambar wajah singa lucu yang dibuat dari cokelat di atasnya. Roti ini memiliki varian lain yang menggunakan abon ayam sebagai pengganti abon sapi bernama Chicken Flossy Lion.

Roti dengan bentuk unik dan lucu lainnya adalah Sausage Paw. Seperti namanya, roti ini dibentuk menjadi tapak kaki binatang. Terdapat 4 bulatan kecil roti yang terlihat seperti bantalan tapak kaki, diisi sosis dan saus, sementara bulatan roti yang besar terdapat MEGkeju yang diparut di dalamnya. Rasa asin dan gurih dari MEGkeju dikombinasikan dengan tendangan pedas dari saus memuaskan lidah.

Ada pula roti manis seperti Sugar Cheese yaitu roti manis berbentuk bulat yang ditaburi gula dan terdapat MEGkeju yang dipotong kotak-kotak di tengahnya. Roti ini memiliki gabungan rasa asin dan manis yang pas di mulut. Taburan gula pada bagian pinggir roti memberi tekstur crunchy pada roti.

Varian roti lainnya yang memakai MEGkeju adalah Donat Keju, Golden Cheese, dan Cheese Loaf. Golden Cheese diisi dengan parutan MEGkeju yang penuh, warna rotinya seperti namanya; keemasan. Cheese Loaf diisi dengan smoked beef dan potongan MEGkeju, ditambah taburan keju parut juga di atasnya.

Home Made Bakery telah menggunakan produk keju cheddar olahan dari PT Megmilk Snow Brand Indonesia selama lebih dari satu tahun. Menurut Darwin, keju cheddar olahan dari PT Megmilk Snow Brand Indonesia memiliki kualitas yang baik dengan tingkat keasinan yang pas sehingga cocok dipadukan dengan rasa roti Home Made Bakery. Karakter rasa dari keju PT Megmilk Snow Brand Indonesia juga berbeda dibandingkan merk keju cheddar olahan lainnya, yaitu rasa cheesy yang lebih kuat.

Roti buatan Home Made Bakery dibuat dari bahan alami dan tidak memakai bahan pengawet. Maka roti-roti ini memiliki daya simpan yang cukup pendek. Darwin menyarankan untuk segera memakan roti yang dibeli, terutama roti yang terdapat daging olahan seperti smoked beef di dalamnya.

Jika roti tidak habis, bisa dimasukkan ke dalam lemari pendingin dan akan tahan selama 2 sampai 3 hari. Roti-roti ini mengandung butter di dalamnya sehingga akan mengeras jika dimasukkan ke dalam kulkas, maka jika ingin dikonsumsi sebaiknya mengeluarkan roti tersebut dari lemari pendingin dulu dan didiamkan di suhu ruang selama 30 menit sebelum disantap.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply