Honu Poké & Matcha Bar, Sajikan varian Poke Bowl dan Minuman Matcha based

Alunan lagu Hawaii yang tenang menyambut BARECA ketika memasuki Honu Poké & Matcha Bar. Para waiter dengan ramah menyapa tamu setiap tamu yang datang. Suasana yang nyaman didukung dengan dekorasi yang minimalis, Honu Poké & Matcha Bar menciptakan restoran dengan kesan yang chill bagi para pengunjung.

Honu berasal dari kata dalam bahasa Hawaii yang berarti penyu hijau, honu juga menjadi simbol kesabaran, umur panjang, dan keberuntungan. 

Gerai Honu Kemang

Poke Bowl dan Matcha

Honu Poké & Matcha Bar menyajikan varian poke bowl dan minuman berbahan dasar matcha atau Japanese green tea. BARECA diberi kesempatan untuk berbincang dengan dua dari tiga orang pendiri Honu Poké & Matcha; Kevin Rumantir dan Sashia Rosari.

Two and Two

Sebelum mendirikan Honu Poké & Matcha Bar, ketiga pendiri ini ingin mendirikan matcha bar, namun konsep matcha bar kurang kuat dan masih asing di Indonesia. Di tahun 2017, poke bowl mulai naik daun khususnya di luar negeri, Kevin dan dua pendiri yang lain tertarik dengan konsep poke bowl lalu atas bantuan dari sepupu Kevin yang memiliki profesi chef, mereka mencoba untuk menggabungkan poke bowl dan matcha. Pada tahun 2017, Honu Poké & Matcha Bar dibuka.

Poke bowl atau poke adalah masakan Hawaii yang dibuat dari ikan segar dan mentah yang dipotong-potong (poke) dan dimarinasi dengan bumbu-bumbu. Poke bowl di Honu Poké & Matcha Bar merupakan gabungan dari karakteristik poke asli Hawaii dengan elemen masakan Jepang.

Yugo

Variasi menu dari poke bowl Honu Poké & Matcha Bar juga cukup banyak dimana setiap rasa dari poke bowl dapat memenuhi cita rasa dari pengunjung, rasa yang segar dan ringan, rasa yang “nendang”, manis, dan creamy dapat ditemukan di Honu Poké & Matcha Bar.

Di Honu Poké & Matcha Bar, pengunjung dapat memilih 8 varian menu poke bowl dengan 3 base yang berbeda yaitu sushi rice, brown rice, dan salad. Honu Poké & Matcha Bar banyak menggunakan ikan salmon dari Norwegia dan tuna dari Sulawesi Selatan yang dimarinasi dengan bumbu andalan Honu Poké & Matcha Bar.

Namun ada pula pilihan untuk vegetarian yaitu tahu dan tempe. Keunggulan dari Honu Poké & Matcha Bar adalah topping yang cukup melimpah dan saus unggulan bisa membuat pengunjung ketagihan.

Minuman berbahan dasar matcha atau green tea yang disajikan adalah matcha dengan kualitas yang baik yang diimpor dari Jepang. Honu-Lulu merupakan signature dish di Honu Poké & Matcha Bar dan juga poke bowl yang mendekati poke asli dari Hawaii. Menu favorit dari Honu Poké & Matcha Bar adalah Torched, Two & Two, dan Yugo.

Honu Poké & Matcha Bar menyediakan pilihan take away dengan bekerja sama dengan aplikasi GoJek dalam fitur GoFood. Meskipun poke bowl mengandung banyak bahan segar yang harus dimakan cepat, Honu Poké & Matcha Bar dapat menjamin kesegaran bahannya ketika dalam proses pengantaran ke pembeli. Daging ikan yang dimarinasi dan sushi rice dapat membantu ketahanan komponen lain dan juga Honu Poké & Matcha Bar memberi label pada kemasan agar makanan tersebut dimakan dalam waktu 2 jam.

Honu

Konsep Poke Bowl

Sashia dan Kevin bercerita ketika Honu Poké & Matcha Bar pertama dibuka, dimana bagi sebagian orang poke bowl adalah makanan yang asing. Namun, menurut mereka, konsep poke bowl yang relatif baru ini mudah diterima oleh masyarakat karena banyak komponen dari poke bowl yang mirip dengan masakan Jepang yang sudah familiar di lidah masyarakat Indonesia, walaupun secara esensi masakan Jepang dan Hawaii, khususnya poke bowl, jauh berbeda.

Kevin dan Sashia juga mengatakan bahwa poke bowl merupakan makanan alternatif yang sehat karena mengandung banyak nutrisi yaitu karbohidrat kompleks, mineral, fiber, dan protein sehingga poke bowl sangat cocok bagi orang-orang yang mencari makanan yang bernutrisi dan lezat.

Ketika poke bowl belum ada di Jakarta, ada kekurangan dalam segmen makanan altenatif yang sehat dan disinilah Honu Poké & Matcha Bar muncul sebagai salah satu restoran poke bowl pertama. Bahan-bahan yang ada di dalam komposisi poke bowl Honu Poké & Matcha Bar adalah superfood seperti salmon, alpukat, dan kale yang kemudian ditambah saus dan topping untuk menambah tekstur dan rasa dalam poke bowl.

Menurut Sashia, poke bowl adalah sebuah makanan yang mudah untuk disajikan dengan cita rasa yang ringan dibandingkan dengan masakan lain, seperti masakan Indonesia cenderung mengarah ke makanan yang berminyak. Poke bowl juga adalah makanan take away yang mengandung nutrisi yang seimbang. Kevin menambahkan bahwa poke bowl adalah makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari dan tidak cepat bosan memakannya.

Honu Poké & Matcha Bar dapat ditemukan di media sosial seperti Instagram dan Facebook dimana Honu Poké & Matcha Bar aktif membagikan informasi mengenai produknya. Disamping itu, Honu Poké & Matcha Bar juga ada di aplikasi Zomato bagi mereka yang ingin mencari tempat makan di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Honu Poké & Matcha Bar berada di daerah Kemang, gerai ini adalah gerai pertama. Honu Poké & Matcha Bar Kemang sering dikunjungi oleh keluarga dan orang muda yang mencari tempat dengan suasana yang nyaman dan makanan yang sehat dan lezat.

Setiap tahun, Honu Poké & Matcha Bar membuka gerai baru, gerai kedua dibuka pada tahun 2018 yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Gerai ketiga dan gerai terbaru berada di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. Sebelum menutup percakapan, Kevin dan Sashia menambahkan bahwa mereka sedang merencanakan untuk membuka gerai keempat di tahun depan.

Penulis: Alvina Wikarna

Foto: Dok. Honu Poké & Matcha Bar

Leave a Reply