Java Kitchen Tampil di World’s King of Chefs Summit & 9th Culinary Artists International Competition, Mengangkat Kuliner Indonesia ke Panggung Dunia

Kiprah Java Kitchen, yang berdiri sejak tahun 1986, untuk mengangkat kuliner Indonesia ke panggung dunia dibuktikan dengan kehadiran Manajemen Java Kitchen dalam acara World’s King of Chefs Summit & 9th Culinary Artists International Competition

Kegiatan berlangsung dari tanggal 24 sampai 26 Juni 2019 lalu di Pulau Awaji, Prefektur Hyogo, sekitar 2 jam perjalanan darat dari kota Osaka. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri Jepang, Pasona Group dan Easteat Culture Industry Group.

Ada 20 Chef yang mewakili negara-negara G20 yang tampil dalam forum tersebut. Para Chef tersebut harus menampilkan makanan khas negara masing-masing sekaligus mendedikasikan karyanya untuk tidak memakai bahan baku dari tanaman atau hewan liar yang langka, dan mengurangi atau meniadakan pemakaian bahan kimia supaya membiasakan pada produk yang alami dan sehat.

Program World’s King of Chefs Summit yang pertama kalinya ini dan 9th Culinary Artists International Competition ini memiliki 3 tema yaitu “makanan” lalu “kesehatan”dan “revitalisasi regional”. Para chefs dan ahli-ahli kuliner yang mewakili 20 negara G20, yang tampil pada KTT G20 di Osaka pada akhir Juni 2019 lalu, berpartisipasi dalam acara ; “World’s King of Chefs Cooking Competition”, juga “Eatology Forum”, dan “G20 Chef Gala Dinner”.

Pada acara Eatology Forum, para ahli kuliner dari seluruh dunia berkumpul untuk membahas topik Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan-Tujuan untuk Pembangunan yang Berkelanjutan, pemberantasan kemiskinan dan kelaparan, konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, konservasi lautan dan daratan, serta berbagai diskusi berkaitan dengan gastronomi. Acara dituntaskan dengan Deklarasi Pulau Awaji, yang merupakan deklarasi diri untuk menjadi masyarakat yang menjaga keberlangsungan kehidupan di bumi.

Pada acara G20 Chef Gala Dinner dianugerahkan Top Chef Award kepada Chef yang terpilih dari 20 Chef yang tampil. Para juri terdiri dari Honorary Review Jury Chairman Mr. Tadao Ando dan Chairman of the Jury: CEO dari Beijing Da Dong Roast Duck Restaurant, Mr. Zhenxiang Dong serta Principal dari Hattori Nutrition College, Dr. Yukio Hattori. Chef dari Korea Selatan terpilih sebagai Top Chef pada acara tersebut.

Menurut Manajemen Java Kitchen Restaurant, mereka menampilkan Rendang Sapi dari daging Wagyu yang didampingi dengan Nasi Kuning dan berbagai sayuran segar sebagai penyeimbang dagingnya. Chef Martin Yan, Icon Kuliner dunia yang terkenal dengan acara TV Wok with Yan, mencicipi rendang sajian Java Kitchen, dan dia sangat menyukai sajian legendaris dari Indonesia tersebut.

Dalam menyajikan Rendang dan Nasi Kuning, waktu yang disediakan panitia hanya 1 jam. Bahan-bahan baku terbaik yang dipilih secara ketat oleh Manajemen Java Kitchen, disiapkan dengan teliti, mulai dari santan yang berkualitas dari Indonesia sampai alat masak panci bertekanan tinggi yang cocok untuk memasak daging sapi dan bumbu-bumbunya dalam waktu 1 jam.

Tampilnya Java Kitchen Restaurant, yang juga peraih BARECA Award 2018 sebagai Restaurant with High Commitment in Products and Service Quality, di event dunia tersebut, semakin menebalkan komitmen manajemen perusahaan untuk terus mengedepankan produk-produk yang natural, organik, segar, higienis, berkelanjutan dalam berbagai bahan dan proses yang dilaksanakan namun sekaligus juga lezat.

IndoChili, restoran dari manajemen yang sama dengan Java Kitchen, namun berlokasi di Singapura, merupakan salah satu dari Top 100  Restarurant Indonesia di luar negeri yang menjadi official partner Wonderful Indonesia dari Kementrian Pariwisata.

Misi Java Kitchen Restaurant untuk terus melestarikan makanan khas Indonesia, khususnya masakan Jawa yang disajikan dengan kejujuran—secara konsisten dan ketat terus dijaga. Java Kitchen telah hadir dengan 9 gerainya di Indonesia—7 gerai di Jakarta, 1 gerai di Bekasi, dan 1 gerai di Serpong, Tangerang. Java Kitchen juga telah mendapatkan Sertifikasi Halal MUI.

Penulis: Petrus Gandamana

Foto-foto : Dokumentasi Java Kitchen & Bareca Magazine

Leave a Reply