kENALI yUK jENIS-jENIS dEKORASI kUE BARENG AHLINYA, cHEF hERU lAKSANA!

Dekorasi, menurut Chef Heru, adalah hal yang wajib dipelajari setiap orang yang belajar pastry, baik tingkat pemula ataupun yang sudah mahir. Dengan mendekorasi kue, maka tampilan kue akan lebih indah dan keindahannya dapat meningkatkan minat dan selera menikmati cake tersebut.

Buttercream

Merupakan tingkatan mendasar dalam membuat dekorasi kue. Caranya relatif mudah dan bahan- bahan pembuatnya pun mudah ditemukan.

Aplikasi buttercream dalam dekorasi kue, antara lain:

  • Covering: melapisi kue dengan buttercream.
  • Piping: membuat hiasan seperti renda, bunga, atau figure.

Plastic Icing

Rolled fondant dan gum paste adalah contoh dari jenis plastic icing yang biasanya digunakan untuk membuat dekorasi kue. Kata plastic bukan mengacu pada bahan plastik, namun dimaknai sebagai sifat plastisitas atau kelenturan dari bahan gula ini.

Chocolate

Chocolate decoration banyak ditemukan di berbagai pastry, terutama di hotel-hotel berbintang 4 ke atas. Bahannya dibuat dari cokelat yang dilelehkan dan dicetak ke dalam aneka bentuk (chocolate decoration) ataupun bisa juga langsung disiram di atas kue sebagai glaze.

Marzipan

Marzipan adalah bahan yang juga umum dipakai dalam cake decoration, terutama di Eropa, yang dibuat dari almond, putih telur, dan icing sugar. Marzipan biasanya digunakan untuk membuat bentuk figurin, bentuk buah atau hewan, ataupun aneka hiasan pada cake dan juga dapat dipakai untuk covering.

Sugar (Gula)

Gula juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mendekorasi kue. Sugar molding adalah sebuah teknik mencetak gula pasir ke dalam cetakan. Sugar boiling adalah teknik dekorasi dengan gula yang dimasak kemudian dibentuk saat gula masih panas.

Leave a Reply