Keunikan Masakan Papua dari Papoea by Nature

Keunikan masakan Papua terletak pada bahan bakunya. Salah satu bahan baku yang unik dan hanya tumbuh di Papua adalah buah merah Papua dan sayur lilin Papua. Buah merah atau oleh masyarakat Papua biasa disebut kuansu, memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Umumnya buah merah diambil ekstraknya dan dikonsumsi dalam bentuk minuman. Menurut Amel, rasa buah merah seperti punch dan banyak dicari oleh mereka yang menderita penyakit kanker, tumor, dan diabetes. Papoea By Nature juga menjual buah merah ini dalam bentuk minuman.

Untuk sayur lilin Papua umumnya dimasak dengan kuah. Sayur lilin adalah tanaman sejenis tebu dengan tekstur dan cita rasa mirip dengan tempe. Amel mengaku bahwa cukup sulit untuk menyajikan sayur lilin di Papoea By Nature karena tanaman ini adalah tanaman musiman, dan di sini sayur lilinnya dimasak dengan kuah santan.

Masakan Papua sering menggunakan ikan dan sagu sebagai bahan baku utamanya. Ikan adalah bahan baku dengan daya simpan yang pendek, cara satu-satunya yang dilakukan masyarakat Papua untuk mengawetkan ikan adalah dengan cara diasap (smoking).

Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tenggiri, ikan tuna, dan ikan cakalang. Selain diasap, ikan-ikan ini juga dimasak dengan sup ataupun langsung dibakar. Papoea By Nature juga menyajikan ikan asap yang didatangkan langsung dari Papua. Amel mengatakan bahwa dirinya cukup sering melakukan perjalanan ke Papua untuk mengambil bahan baku langsung dari sana.

Tidak hanya ikan asap saja yang dibawa Amel, sagu yang dipakai di Papoea By Nature juga dibawa dari Papua. Menurut Amel, sagu Papua cita rasanya berbeda dibandingkan sagu yag tersedia di pasaran pada umumnya, di mana sagu Papua langsung diproses dari bahan mentah tanpa adanya proses bleaching sehingga lebih  sehat dan lebih segar.

Sagu dari Papua ini digunakan dalam membuat kulit burrito dan nachos di Papoea By Nature, dan tidak lupa juga pada sajian makanan tradisionalnya yaitu Papeda. Selain itu, sagu ini juga dijadikan signature dessert dari Papoea By Nature yaitu Steam Sagoo Mango.

Menjalankan Restoran Etnik di Jakarta

Menjalankan restoran makanan etnik di Jakarta bukanlah hal yang mudah dibandingkan dengan membuka restoran dengan masakan internasional atau restoran masakan Jawa. Hingga saat ini, Amel terus berjuang dalam memperkenalkan masakan dan kebudayaan Papua.

Amel mengatakan bahwa salah satu cara promosi Papoea By Nature adalah word of mouth yang memiliki pengaruh yang besar bagi usaha Amel karena orang-orang lebih percaya pada perkataan dari orang terpercaya mereka dibandingkan informasi yang ada di media sosial.

Di samping itu, Papoea By Nature juga cukup sering diliput oleh food blogger ataupun media karena konsepnya yang unik. Hal ini juga membantu Amel untuk menjangkau masyarakat yang penasaran akan masakan Papua.

²Untuk mengelola usaha restoran masakan etnik diperlukan usaha yang tulus dari hati. Membuka Papoea By Nature adalah satu-satunya cara saya membalas budi pada Papua, maka saya bergerak tulus dari hati,” Amel menjelaskan caranya. Ditambahkan Amel bahwa diperlukan kreativitas dan promosi yang cukup gencar untuk mendatangkan atau menarik tamu baru maupun langganan ke restorannya. 

Penulis: Alvina Wikarna
Photo : Doc. Papoea by Nature

Leave a Reply