Kini & Nanti Kopi Sajikan Minuman dengan Artwork Kekinian

Rika, Anggi, Amel, dan Adiva mendirikan Kini & Nanti Kopi pada April 2019, yang didasari pada keinginan bersama untuk memiliki usaha kafe. Konsep eco-friendly dipilih sebagai konsep yang membentuk Kini & Kopi Nanti, sebagai pembeda dengan kafe lainnya.

“Kami berniat membuat eco-friendly menjadi lebih friendly bagi masyarakat yang belum mengenal atau bingung cara memulai gaya hidup ramah lingkungan. Selain itu, dengan desain kami yang unik, kami harap bisa memberikan style atau image baru tentang konsep eco friendly di mata masyarakat,” Adiva Shakira, mewakili para pemilik Kini & Nanti Kopi lainnya, sekaligus Operational Manager menjelaskan kepada BARECA.

Gerai Kini & Nanti Kopi, terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tapi, selama pandemi Covid-19 dan penanganannya, manajemen menutup sementara gerai tersebut. Saat ini,  seluruh aktifitas penjualan dialihkan ke daring melalui marketplace Tokopedia. Pemesanan juga bisa melalui direct message di akun Instagram @kininantikopi serta melalui pesan WhatsApp ke nomor 081226888912.

Untuk pangsa pasar menjadi main meluas seiring waktu, seperti dijelaskan oleh Adiva, “Sebelum pandemi, awalnya warga Pasar Minggu yang suka ngopi dan kerja di kafe, menjadi konsumen terbesar kami. Tapi, setelah kami aktif mengikuti berbagai acara seperti bazaar, kami menemukan ada pangsa pasar penyuka desain dan konsep ramah lingkungan yang ditawarkan oleh Kini & Nanti Kopi.”

Botol kemasan yang digunakan oleh Kini & Nanti Kopi untuk aneka minumannya, memang terlihat berbeda, dikarenakan didesain dengan artwork yang terbilang kekinian dan terasa sisi artsy-nya.

Artist dari artwork yang kami tampilkan di kemasan produk kami adalah salah satu pemilik Kini & Nanti Kopi juga, yaitu Anggi, yang hasil karyanya bisa dilihat di akun Instagram @anggio. Alasan kami memilih konsep ini, untuk menjadi pembeda dari kafe lain, sekaligus memberi ide yang segar tentang konsep ramah lingkungan yang terlihat lucu dan kekinian serta memberi pesan positif untuk merubah lifestyle demi keberlangsungan bumi.” Adiva menuturkan.

Tersedia juga opsi custom design untuk kemasan botol Kini & Nanti Kopi, yang bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen yang memesan. Keunggulan lainnya dari Kini & Nanti Kopi, adalah minuman kopinya selalu dibuat segar saat ada pemesanan, dan penggunaan kemasan botol yang bisa dipakai ulang oleh konsumennya (reusable bottle).

“Sebelum pandemi, saat kami mengikuti beragam acara, kami selalu mengusahakan adanya opsi untuk menerima kembali botol bekas minumannya dari konsumen yang membeli,” Adiva menuturkan.

Adiva juga menuturkan alasan memilih untuk menggunakan reusable bottle menjadi salah satu upaya manajemen Kini & Nanti Kopi dalam mengajak konsumen dan pelanggannya untuk mengurangi sampah dari plastik sekali pakai. Dengan menggunakan botol kaca, tentu botol tersebut dapat dipakai ulang oleh konsumen dan pelanggan dengan berbagai macam cara kreatif. “Kami berharap sisa-sisa produk dalam usaha yang kami jalankan tidak akan berdampak buruk ke lingkungan,” Adiva mengatakan.

Untuk kegiatan marketing dan promosi, manajemen Kini & Nanti Kopi memilih menggunakan media sosial Instagram, dikarenakan lebih mudah dalam ‘menjual’ daya tarik produk-produk Kini & Nanti Kopi, baik berbentuk unggahan foto maupun video.

Beverage Menu

Menurut Adiva, saat ini kafenya tidak menjual seluruh menu minuman yang biasanya dulu tersedia di gerai. Dengan kondisi pandemi Covid-19 dan penanganannya, manajemen hanya menjual menu minuman dalam kemasan botol kaca sebanyak 6 varian saja, namun dengan berbagai ukuran, yaitu 250ml, 1L, dan hampers.

Kopi Susu, Red Velvet, dan Thai Tea adalah varian signature beverage di Kini & Nanti Kopi. Sedangkan untuk best selling beverages-nya, meliputi Kopi Susu, Thai Tea, Green Tea, Red Velvet Latte, Chocolate, dan Hojicha Latte. Seluruh menu minumannya memiliki masa konsumsi selama 3 hari jika disimpan di kulkas.

Penulis: Dewi Sri Rahayu
Foto: Dok. Kini & Nanti Kopi

Leave a Reply