Kupas Tuntas, Kopi Luwak!

KOPI LUWAK

Bagi Sobat BARECA yang suka konsumsi kopi, pasti tidak asing dengan kopi yang satu ini. Kopi Luwak! Kopi yang satu ini masih sangat digemari hingga kini. Ingin tahu lebih banyak tentang Kopi Luwak? Dapatkan informasinya disini!

Kopi Luwak adalah kopi yang diseduh dari biji kopi yang buahnya telah dimakan Luwak dan diproses di dalam sistem pencernaan Luwak, namun yang dierna hanyalah kulit buahnya saja. Biji kopi yang masih terlindungi oleh kulit tanduk akan tetap utuh karena Luwak memiliki pencernaan yang sederhana dan tidak mampu mencerna makanan yang keras.

Di dalam perut Luwak terjadi proses fermentasi alami yang dibantu enzim proteolitik yang bertugas memecahkan protein yang ada dalam sisa makanan yang ditelan oleh Luwak termasuk biji kopi. Proses fermentasi tersebut dapat meningkatkan kualitas rasa kopi, rasa kopi menjadi tidak pahit, kadar asam dan kafeinnya pun menjadi rendah.

JENIS-JENIS LUWAK

Musang atau Luwak merupakan hewan mamalia yang gemar mengonsumsi buah-buahan dan biji kopi. Jenis biji kopi yang dimakan adalah kopi arabika dan robusta yang berkualitas bagus.

Jenis Luwak yang umumnya menghasilkan kopi Luwak dengan cita rasa unik, yaitu :

1. Musang Pandan (musang kucing) dengan nama ilmiah Paradoxurus hermaphroditus. Musang Pandan yang mengeluarkan aroma pandan biasanya hanya musang jantan yang tujuannya untuk memikat musang betina. Musang Pandan banyak ditemui di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan

2. Musang Bulan dengan nama ilmiah Puguma larvata. Musang Bulan paling selektif dalam memilih biji kopi yang ingin dimakannya karena itu harga kopinya paling mahal. Jenis musang ini paling banyak ditemui di Asia Timur dan Asia Tenggara.

3. Musang Rase dengan nama ilmiah Viverricula malaccensis. Musang Rase paling banyak ditemui di Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Bali, dan Asia Tenggara.

Leave a Reply