Layered Katsu ala Kimukatsu

Deep fried food atau gorengan, sangat mudah ditemukan di restoran, café, bahkan beberapa produk bakery juga dimasak dengan digoreng. Setiap negara juga memiliki nama khas untuk produk gorengannya. Salah satu deep fried food yang cukup sering ditemui di restoran Jepang adalah katsu.

Kimukatsu adalah sebuah restoran masakan khas Jepang yang menyajikan menu layer katsu pertama di Indonesia dengan berbagai macam varian rasa. Dibawa oleh Boga Group pada tahun 2018 ke Indonesia, Kimukatsu telah membuka sebanyak 21 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mengikuti Aturan PSBB dan Protokol Covid-19

Kimukatsu beroperasi sesuai dengan jam operasional mall letak gerai Kimukatsu berada, namun pada masa PSBB ketat yang kembali berlaku di bulan September 2020 lalu, Kimukatsu hanya melayani pemesanan take away dan daring saja.

Untuk layanan dine-in di masa pandemi Covid-19 ini, Kimukatsu menerapkan serangkaian protokol kesehatan di gerainya demi menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung. Kimukatsu selalu melakukan pendataan konsumen saat masuk gerai, pengecekan suhu tubuh, dan pemberian hand sanitizer.

Gerai juga dibersihkan secara rutin sebelum dibuka, setelah ada konsumen, dan sebelum gerai tutup. Tim Kimukatsu juga dilengkapi dengan hand gloves, masker, dan face shield yang selalu harus dipakai ketika melayani konsumen termasuk dalam proses menyajikan makanan.

“Kimukatsu juga memberikan promo-promo untuk pesanan take away dan khususnya pada delivery channel sehingga konsumen bisa tetap di rumah sambil menikmati Kimukatsu,” Reigina Tjahaja, Marketing Manager Kimukatsu menjelaskan kepada BARECA. Aneka menu Kimukatsu dapat dilihat di media sosial Instagram dan Facebook Kimukatsu, serta di Grab Food dan GoFood.

Layered Katsu

Menu unggulan dari Kimukatsu adalah Layered Katsu, yang juga merupakan layer katsu pertama di Indonesia dan juga di Jepang, negara asal dari katsu. Keunikan pada Layered Katsu terdapat pada isinya, yang mana umumnya menggunakan daging fillet, Kimukatsu menggunakan daging yang diiris tipis-tipis yang kemudian disusun bertumpuk sehingga menciptakan lapisan (layer) seperti dessert mille feuille.

Lapisan ini membuat katsu dari Kimukatsu juicy dan empuk, serta Kimukatsu juga menyajikan kombinasi pilihan rasa untuk menu ini yaitu cheese, blackpepper, dan garlic. Katsu ini dilapisi dengan panko bread crumbs yang dibuat segar setiap harinya, setelah digoreng menciptakan lapisan luar yang crunchy.

Katsu ini disajikan dengan cabbage salad yang dapat dicampur dengan dua salad dressing yaitu wafu dressing dan sesame dressing. Hal yang penting dalam memakan katsu adalah dipping sauce-nya. Di Kimukatsu, konsumen pun dapat meracik sendiri dipping sauce dengan menggunakan Suribachi—sebuah mangkuk kecil yang disediakan untuk menggerus roasted sesame. Roasted sesame tersebut digerus hingga tercium aromanya lalu dicampurkan dengan saus khas Kimukatsu dengan cita rasa tangy, gurih, dan sedikit manis.

Salah satu menu katsu yang best seller di Kimukatsu adalah Chicken Katsu Set. Menurut Reigina, menu ini disukai konsumen Kimukastu karena irisan ayam berlapis membuat katsu ini sangat juicy dan ditambah dengan lelehan keju di tengah membuat katsu ini gurih dan melt in your mouth.

Di samping itu, Kimukatsu memberikan pilihan jenis daging untuk katsu-nya yaitu daging ayam dan daging sapi. Kimukatsu juga mengkombinasikan katsu dengan aneka sajian khas Jepang lainnya seperti Katsudon, Curry Katsu Rice, Katsu Mentai Rice, dan Gyukatsu.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply