Le Jardin Restaurant, Park View Hotel Bandung, Usung Konsep Parisian in Paris Van Java

Le Jardin Restaurant merupakan bagian dari gerai food and beverage di Park View Hotel, yang sehari-harinya digunakan untuk breakfast, lunch, dan dinner bagi yang menginap di Park View Hotel. Namun, selain untuk tamu yang menginap, Le Jardin Restaurant juga terbuka untuk pelanggan umum dan dapat direservasi untuk acara-acara khusus.

“Konsep yang kami usung adalah ‘Parisian in Paris Van Java’,” Dadan Kuswara, Park View Hotel Manager membuka percakapan.

Restoran dengan konsep interior Parisian ini didirikan sejak 1 Oktober 2014. Tak hanya interior dari Le Jardin saja yang bergaya Parisian, namun nama dari ‘Le Jardin’ sendiri diambil dari bahasa Prancis yang memiliki arti ‘Taman’. Selain bergaya Parisian, Le Jardin memang memiliki area outdoor yang berkonsep seperti taman dan bersebelahan dengan sebuah kolam renang. Selain itu, gaya interior Parisian yang diambil bergaya seperti kerajaan-kerajaan dan palace di Paris.

Le Jardin Restaurant bermula dari kegemaran pemiliknya yang gemar travelling ke luar negeri. Saat ke Prancis, inspirasi pun datang, dari konsep a la Parisian lah Le Jardin Restaurant dibangun. Interior dari Le Jardin Restaurant didesain oleh pemiliknya dengan beberapa ornamen dekorasi seperti patung ayam jago berwarna emas dari Prancis. Banyak bagian-bagian ornamen interior di restoran yang dibuat sendiri oleh pihak Le Jardin Restaurant.

Poulet Rôti Au Vin Rouge

Poulet Rôti Au Vin Rouge adalah menu roasted chicken yang hadir di Le Jardin Restaurant dan menjadi salah satu menu main course favorit. Poulet Rôti Au Vin Rouge merupakan resep roasted chicken ala Prancis yang sudah dikalibrasi disesuaikan dengan selera konsumen Le Jardin Restaurant.

“Poulet Rôti Au Vin Rouge disajikan dengan herbs seperti rosemary dan basil. Sajian ini juga dikenal sebagai red wine roasted chicken. Poulet Rôti Au Vin Rouge disajikan dalam ukuran half chicken dengan side dish berupa potato wedges dan mix salad. Mix salad yang disajikan terdiri dari selada, potongan wortel, tomat cherry yang diberi balsamic oil dressing,” Chef Ramdani,Demi Chef Le Jardin Restaurant, menuturkan.

Kemudian Chef Ramdani menjelaskan cara membuat Poulet Rôti Au Vin Rouge. Terlebih dahulu ia menyiapkan 800gr ayam yang dibersihkan dan dilakukan 2 kali pembilasan. Proses pembersihan termasuk pada bagian sela-sela ayam di mana bekas kotoran dan darah sering kali terdapat.

Karena Poulet Rôti Au Vin Rouge yang disajikan merupakan half chicken, sehingga sebelum dibersihkan, ayam dipotong dua. Selain itu punggung ayam dipisahkan karena bagian ayam yang disajikan hanyalah dada dan paha.

Setelah dibersihkan, ayam tersebut dimarinasi bersama herbs seperti basil dan rosemary, serta ditambahkan juga garam, lada, wortel, bawang bombai dan daun bawang. Setelah dimarinasi selama 15 menit, ayam didiamkan selama 20 menit agar bumbu-bumbu yang ada terserap ke dalam serat daging ayam.

Setelah itu ayam langsung dimasukkan ke dalam oven dengan suhu 250°Celsius selama 30 menit. Selama pemanggangan, ayam dipanggang tanpa ditutup oleh aluminium foil dan dipanggang di atas rack yang secara berkala dirubah posisinya agar daging dapat matang dengan merata.

Ragam Menu Unggulan

Le Jardin Restaurant tentunya memiliki berbagai menu-menu makanan dan minuman dengan gaya Prancis. Namun kita dapat menemukan menu yang tidak terbatas pada menu-menu Prancis saja. Variasi tersebut mencakup dari berbagai aneka main course seperti berbagai jenis pasta, steak, soup, salad, burger, dan sandwich.

Ada juga aneka masakan Nusantara seperti bakmi, soto, dan nasi goreng. Untuk sajian  dessert, tersedia profiteroles dan ice cream. Tak lupa aneka minuman seperti berbagai minuman teh, kopi, jus, cokelat, mocktail dan minuman-minuman tradisional seperti bandrek dan bajigur.

Hazelnut Caramel, Angel Hair Aglio Olio, Mojito Virgin, Nasi Goreng, dan Omelette Grand-Mère masuk ke dalam best seller dan menu signature di Le Jardin Restaurant. Menu lainnya yang juga digemari contohnya Oxtail Soup dari menu Nusantara, Croissant Surprise dari menu main course, Moelleux Au Chocolate dari menu dessert, Fraisetsaindan Mojito Lychee dari menu minuman mocktail.

Fraisetsain yang dibuat di Le Jardin Restaurant terdiri dari perpaduan soda, strawberry flavor, orange flavor, dan blue curacao dengan metode layering. Kemudian Croissant Surprise—yang cocok sebagai menu sarapan, merupakan croissant yang disajikan dengan mix salad dan scrambled egg. Oxtail Soup dimasak dengan membakar (grill) buntut sapi yang kemudian disajikan bersamaan dengan nasi hangat, sop, dan kondimen tambahan sesuai selera.

“Setiap 2-3 bulannya akan ada perputaran menu dari semua menu yang ada. Selain itu disajikan juga Chef suggestion pada menu makanan setiap bulannya,” Dadan  Kuswara menutup percakapan.

Penulis & Foto: Maria Benita A.

Leave a Reply