Linjani Restaurant – Bandara International Hotel Managed by Accorhotels, Sajikan Dekorasi Cokelat yang Menarik pada Dessert

BARECA Magazine berkesempatan mengunjungi Linjani Restaurant di Bandara International Hotel managed by Accor. Ditemui di sela kesibukannya, Junius F. Hutajulu, Director of Sales and Distribution Bandara International Hotel, mengatakan, “Bandara International Hotel melalui Linjani Restaurant selama bulan Februari ini menghadirkan tema ‘The Month of Chocolate”  ke dalam setiap sajian kreasi inovasi menunya, baik appetizer, main course, dan dessert.”

Chef Jamhari, Senior Pastry Sous Chef Bandara International Hotel managed by Accor menyiapkan berbagai dessert cake menarik dengan dekorasi cokelat yang mengagumkan. Beberapa varian cake ditampilkan dalam dessert corner buffet, namun tidak semua ditampilkan pada showcase. Konsumen dapat memesan langsung varian cake yang diinginkan. Tersedia juga varian whole cake untuk kebutuhan à la carte.

Di sini, kebanyakan konsumen lebih memilih dark chocolate ketimbang milk chocolate. Dengan permintaan tersebut, semua kreasi cake menggunakan cokelat impor terbaik dari Swiss. Best item yang dimiliki oleh Bandara International Hotel adalah Chocolate Fudge, Chocolate Truffle, Chocolate Duo, dan Cheesecake.

Dilihat dari tingkat ketahanannya, Chocolate Fudge dan Cheesecakeadalah yang paling aman untuk di-take away bahkan dibawa selama 4-6 jam penerbangan. Bandara International Hotel menyediakan pilihan cake terutama cokelat dari ukuran 22 x 22cm hingga 40 x 60cm (square) atau diameter 16-25cm (round).

Menurut Chef Jamhari yang telah berkecimpung di dunia professional pastry sejak tahun 2000, signature chocolate cake-nyaadalah Fruity Bitter Chocolate Mousse. Dalam hampir setiap kreasi cake yang dibuatnya, Chef Jamhari mengakui senang menambahkan unsur buah-buahan sebagai identitasnya. Buah-buahan yang biasa digunakan oleh Chef Jamhari untuk bahan dasar maupun dekorasi kebanyakan adalah berbagai berries dan physalis (ciplukan).

Kreasi Dekorasi Cokelat

Pada kesempatan ini, Chef Jamhari memberikan tiga kreasi baru, yaitu chocolate décor cake dari Bandara International Hotel. Yang pertama yaitu Triple Exotic Fruit Cake (dark cherry, orange, dried papaya, dan white chocolate glaze coating).

Chef Jamhari menggunakan white chocolate compound yang dibentuk menjadi beberapa wujud tampilan dekorasi dengan variasi warna-warni menarik senada dengan warna buahnya. Sebagai topping decor terdapat chocolate mousse dan blueberry dengan sentuhan edible silver dust, serta white cherry mousse dan stroberi.


Pineapple Mango Chocolate Mousse

Pada kreasi kedua, Pineapple Mango Chocolate Mousse (caramelized pineapple, mango jelly, fudge sponge, fruit cocktail, chocolate mousse, dan dark chocolate glaze), terdapat dekorasi cokelat yang terinspirasi dari detil kompleks mesin jam. Dekorasi cokelatnya menggunakan dark chocolate dengan edible silver dust. Kreasi ketiga bertema valentine dinamakan Cheesecake with Raspberry Mousse (cheesecake, raspberry mousse, dan white chocolate glaze) yang didekorasi cantik dengan white chocolate berbentuk hati, white chocolate mousse, dan green tea sponge cake.

“Inspirasi datang darimanapun; seperti apa bentuk, konsep, dan komposisinya,” Chef peraih penghargaan 2nd Runner Up Choco Master 2017 yang diadakan oleh BARECA bekerjasama dengan Colatta ini, menuturkan.

Menutup penjelasannya, Chef Jamhari mengatakan jika tren dekorasi cokelat untuk 2019 lebih ke penggunaan black and white chocolate, baik untuk bahan dasar maupun dekorasinya. Hal ini berbeda dengan tahun 2018 kemarin yang lebih berwarna-warni.

Penulis : Yohanes Christ

Fotografer : Hendri Wijaya

Leave a Reply