Mandarin Oriental Wine Cellar, Sajikan Wine dari Berbagai Belahan Dunia

Hotel Mandarin Oriental Jakarta memiliki Mandarin Oriental Wine Cellar yang berada di dalam area Lyon, French Restaurant, salah satu gerai Food & Beverage (F&B) di Mandarin Oriental, Jakarta, yang dibuka pada tahun 2009.

French restaurant umumnya identik dengan wine, karena itu Lyon memiliki wine cellar dengan koleksi sekitar 150 botol wine mulai dari white wine, red wine, sparkling wine, port wine, dessert wine hingga champagne yang berasal dari 12 negara, yaitu Prancis, Spanyol, Italia, Lebanon, Austria, Australia, New Zealand, Chili, Argentina, Amerika Serikat, Afrika Selatan, dan juga Indonesia.

“Kami menyajikan beragam wine yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera konsumen. Wine yang tersedia mulai dari easy to drink wine hingga wine yang lebih kompleks, mulai dari entry level of wine sampai premium wine tersedia di sini,” Janice Wongso, Manager Lyon Restaurant Mandarin Oriental, Jakarta, menjelaskan.

Temperatur Ideal Penyimpanan Wine  

Wine yang berkualitas baik adalah wine yang memiliki karakter dan taste profile yang meliputi jenis anggurnya, daerah asal wine serta wine maker-nya. Janice mengatakan wine dapat dikatakan berkualitas baik jika memiliki keseimbangan antara aroma, tingkat keasamannya, kualitas kesegarannya, fruitiness dan tannin yang jelas.

Saat penyajian dengan proses decanting dapat juga menggunakan alat yang disebut wine aerator untuk mempercepat proses dalam membuka aroma atau ‘flavours of the wine dan ‘soften the tannin dengan lebih cepat. Wine aerator yang bentuknya seperti corong akan membuat aroma wine lebih tercium.  

Wine juga akan semakin berkualitas jika disimpan pada temperatur yang ideal guna menjaga kualitas dari wine tersebut. Menurut Janice, wine berjenis sparkling wine atau champagne sebaiknya disimpan di suhu 3°-7°Celsius, untuk white wine sebaiknya disimpan di suhu 7°-13°Celsius, sedangkan untuk menyimpan red wine di suhu 12°-16°Celsius.

“Untuk wine yang ditempatkan di wine cellar idealnya bertemperatur 12°-15°Celsius dengan kelembaban sekitar 55% – 75%,” Janice mengatakan.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply