Master Squid, Snack Renyah Berbahan Dasar Seafood

Camilan atau snack yang crispy dan crunchy menjadi primadona untuk disantap di sela-sela jam makan. Tak hanya berbasis daging ayam, snack renyah dapat pula berbasis seafood seperti gerai snack yang satu ini, Master Squid.

Master Squid yang dibuka sejak tahun 2015 menawarkan gorengan berbasis cumi yang digoreng renyah dan diberi bumbu. Kepada BARECA, pemilik Master Squid, Randy Sugiarto menceritakan ide awal membuka Master Squid di Indonesia. “Saat itu saya sedang travelling ke Tiongkok dan sangat tertarik melihat konsep deep fried giant squid yang sedang menjadi tren di sana. Saya pun terpikir untuk mengembangkan ide bisnis ini di Indonesia,” Randy menceritakan.

Hingga kini Master Squid telah memiliki lebih dari 20 gerai yang tersebar di Jabodetabek dan kota besar lainnya di Indonesia. Master Squid hadir dengan konsep simple grab & go, namun ada pula beberapa gerai yang berkonsep dine in 

Menu Master Squid

Master Squid selektif dalam memilih cumi yang akan digunakan karena seafood merupakan salah satu bahan makanan yang cukup sensitif jika tidak berkualitas baik. Seafood yang tidak fresh akan berbau amis dan mempengaruhi rasa setelah diolah. Karena itulah Master Squid menggunakan cumi dengan kualitas premium.

Signature menunya yaitu Giant Squid yang merupakan cumi berukuran besar yang ditusuk dan dibumbui dengan flavor pilihan. Giant Squid dengan berat ± 100 gram ini bentuknya unik, teksturnya renyah di luar, namun lembut di dalam.

“Giant Squid sebelumnya akan dimarinasi dengan garam terlebih dahulu supaya teksturnya tidak alot. Kemudian akan dibalut double coating dengan tepung premix dan tepung kasar, baru kemudian digoreng dengan suhu panas berkisar 150°-180° Celsius dengan waktu penggorengan sekitar 4 menit,” Randy menjelaskan.

Kemudian Giant Squid akan diberi flavor seperti salt and pepper, BBQ maupun seaweed, dapat pula ditambahkan keju mozzarella yang akan dilelehkan dengan gas portable. Untuk menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia yang gemar mengonsumsi makanan pedas, dapat pula ditambahkan bubuk cabai dengan level mild, hottie maupun extreme hot.

Selain Giant Squid, ada pula Squid Balls yang merupakan bakso cumi dengan rasa yang gurih, Squid Head, Curly Squid dan Squiddy Meal Box yang berisi fries, squinion, dan squid balls dengan pilihan saus mayo original, cheese dan spicy.  

Selain makanan, Master Squid juga menyediakan menu minuman segar seperti Lemon Tea yang dilengkapi dengan nata de coco dan juga Lychee Tea, ada pula Teh Tarik, dan Milo Dino.

Penulis: Linda Endyanto
Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply