Membuat Kreasi Inspirasi Masakan Nusantara

Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Academy Pastry and Culinary (APCA) Indonesia menggelar Media Special Cooking Class untuk memperkenalkan kreasi produk pastry dan kuliner internasional yang digabungkan dengan cita rasa Nusantara. Empat orang professional chefs sekaligus instruktur di APCA Indonesia membuat empat jenis menu spesial kuliner khas nusantara dengan sentuhan modern.

Sekilas Tentang APCA

APCA Indonesia adalah sekolah pastry dan kuliner yang menawarkan sertifikasi global kepada lulusannya melalui City & Guilds. APCA Indonesia didirikan oleh MOF Chef Jean Francois Arnaud, seorang Pastry Master Chef dari Prancis yang telah menerima gelar Meilleur Ouvrier de France (MOF)—sebuah gelar tertinggi profesi dari pemerintah Prancis, Executive Chef Niklesh Sharma, dan Louis Tanuhadi. APCA Indonesia dibuka pada bulan Januari 2019 dan berlokasi di Flavor Bliss, Alam Sutera.

Dibantu oleh pengajar APCA Indonesia yang mempunyai pengalaman dan reputasi yang baik, APCA Indonesia memiliki misi untuk menghasilkan chef yang memiliki kemampuan bertaraf internasional dan mencetak tenaga professional yang siap terjun ke industri kuliner. APCA Indonesia juga berprestasi dalam memenangkan kompetisi Indonesia Pastry Cup 2019 dan akan mewakili Indonesia di Asian Pastry Cup 2020 di Singapura yang merupakan rangkaian dari kompetisi World Pastry Cup 2021 di Lyon, Prancis.

Media Special Cooking Class

Pada tanggal 24 Agustus 2019, segenap media berpartisipasi dalam kegiatan Media Special Cooking Class yang diselenggarakan oleh APCA Indonesia. Sebagai sekolah kuliner bertingkat internasional yang secara khusus memiliki spesialisasi di kuliner Indonesia, maka APCA Indonesia ingin membawa kuliner tradisional ke dalam kancah internasional dan dapat diterima oleh masyarakat dunia. Dengan adanya kelas ini, Louis Tanuhadi berharap agar media dapat membantu menyampaikan kepada masyarakat agar mengenal kembali ragam kuliner Indonesia. 

Media Special Cooking Class dibagi dalam dua kelas yaitu kelas pastry yang membuat Archipelago Chocolate, Petit Gateau Modern Klappetaart, dan Ketan Item Gelato. Sedangkan kelas culinary, membuat Bhinneka Bahari Dabu Dabu. Dalam kedua kelas ini, peserta diberi kesempatan untuk mempraktikkan cara pembuatan (hands on) dan mencicipi menu-menu di atas.

Leave a Reply