Mencicipi Aroma Fruity dari Kopi Ciberecek

Biji kopi Ciberecek yang termasuk jenis kopi arabika dengan varietas Sigararutang berasal dari Pegunungan Malabar, wilayah Pangalengan, Jawa Barat. Pohon kopi ini tumbuh pada ketinggian 1.730 hingga 1.890 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Smoking Barrels Craft Coffee yang hadir sejak tahun 2015 silam mulai memasok kopi Ciberecek sejak tahun 2016. Di Smoking Barrels Craft Coffee, kopi Ciberecek merupakan salah satu best seller dikarenakan cita rasa kopinya yang unik dan sangat menonjol rasanya jika disajikan dingin maupun panas.

“Kopi Ciberecek aromanya fruity yang dominan dengan rasa raspberry dan juga orange. Bahkan kadang jika disajikan panas, aromanya dapat menyerupai aroma cokelat,” Dwira, Inventory Manager Smoking Barrels Craft Coffee, mengawali perbincangan dengan BARECA.

Proses pengolahan kopi Ciberecek dilakukan dengan proses natural. Dwira mengatakan, proses natural akan menciptakan aroma fermentasi dengan tingkat keasaman medium to high.

Untuk proses roasting biji kopi dilakukan di gerai Smoking Barrels Craft Coffee yang berlokasi di Jalan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Roasting biji kopi Ciberecek dilakukan sampai tahap medium roast dengan durasi sekitar 10-12 menit. Tahap medium roast diyakini akan mengeluarkan aroma dan keasaman yang lebih balance.

“Jika dilakukan roasting sampai tahap light roast maka kopi akan memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Sebaliknya, jika dilakukan roasting sampai tahap dark roast maka dikhawatirkan aroma dari kopi Ciberecek tidak akan keluar dan pasti warna biji kopi akan terlalu gelap,” Dwira menjelaskan.

Pohon Kopi Ciberecek

Tingkat produktivitas dari pohon kopi Ciberecek cukup tinggi dimana lahan seluas 5 hektar dapat menghasilkan kurang lebih 2 ton kopi per tahunnya. Masa panen pohon kopi Ciberecek berlangsung pada bulan Maret hingga September.

Dwira mengatakan, para petani kopi Ciberecek cukup aktif dan kompeten dalam merawat tanaman kopi Ciberecek, terlebih para petani juga mendapatkan bekal edukasi dari pemerintah.

Selain itu, pemerintah juga menaruh perhatian pada pembibitan serta peremajaan pohon kopi Ciberecek. Smoking Barrels Craft Coffee sendiri juga rutin melakukan kunjungan kepada para petani kopi Ciberecek, memberikan edukasi mengenai penanaman kopi hingga proses pasca panen untuk memaksimalkan hasil produksi.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply