Mengenal Konsep Cloud Kitchen dari Sudut Pandang Chef Vindex

BM: Saat ini, konsep cloud kitchen di Indonesia, sepertinya mulai diterapkan oleh banyak pelaku usaha food & beverage (f&b), sebenarnya apa itu konsep cloud kitchen? Dan apa keuntungan konsep ini?

VT: Konsep cloud kitchen mungkin bukan hal baru dalam dunia industri f&b karena selama ini ada model bisnis yang hampir serupa, bernama satellite kitchen. Hanya saja satellite kitchen biasanya ada untuk memenuhi pesanan atau produk-produk makanan dari cabang restoran yang sama. Sedangkan cloud kitchen konsepnya adalah 1 dapur untuk melayani berbagai restoran dengan cara delivery ataupun take away.

Cloud kitchen menawarkan fasilitas dapur sehingga pelaku usaha tidak terbebankan oleh inventori awal atau modal awal seperti menyewa gedung dan membeli peralatan dapur yang tidak murah, juga bisa menghemat dari sisi karyawan. Cloud kitchen akan fokus kepada kualitas dan hygienitas makanan yang disiapkan dan di-delivery kepada para konsumen dari restoran yang masuk dalam jaringan cloud kitchen tersebut. Jadi di sini, cloud kitchen menjadi satu production area dari beragam restoran dengan menu yang bervariasi dan di-delivery sesuai permintaan.

Keuntungan dari cloud kitchen ini adalah mengurangi biaya yang signifikan besar untuk memulai sebuah usaha seperti sewa bangunan, pembelian peralatan dapur dan restoran yang menyesuaikan konsep serta man power.

BM: Apakah Anda ada menerapkan konsep cloud kitchen pada usaha food & beverage (f&b)  yang ditangani?

VT: Saat ini, tempat di mana saya melakukan konsultasi, menjalankan bisnis modelnya dengan satellite kitchen, memang bukan konsep cloud kitchen. Ada yang menawarkan, tapi masih dalam tahap penjajakan.

BM: Dari sudut pandang Anda, apa saja tantangan maupun hambatan terbesar dari penerapan konsep cloud kitchen pada usaha food & beverage (f&b) di Indonesia, lalu apa solusi terbaik untuk menghadapi hambatan tersebut?

VT: Jika konsep restoran kita adalah dine in, maka konsep cloud kitchen kurang cocok untuk diaplikasikan. Sebuah restoran biasanya mengandalkan chef-nya untuk menjadi simbol dan kekuatan dari sebuah restoran untuk bertahan dan terkenal karena masakannya. Dan di Indonesia sendiri masih banyak dari kita yang senang datang ke restoran untuk menikmati interaksi sosial dengan orang lain. Meskipun begitu, konsep cloud kitchen masih akan tumbuh dan berkembang, tetapi mungkin solusinya menggunakan konsep satellite kitchen untuk beberapa produknya, agar dapat menjaga konsistensi.

Leave a Reply