Mengulas Kopi Puntang, Si Pemenang Lelang di Amerika

Saat peresmian Tol Soroja di tahun 2017, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan menyempatkan diri menyeruput segelas kopi di salah satu coffee shop di Bandung. Kopi yang diminum Presiden Jokowi saat itu adalah kopi dari Gunung Puntang, Bandung Selatan, Jawa Barat.

Kopi Puntang yang ukurannya lebih kecil dari biji kopi pada umumnya tumbuh pada ketinggian 1.600 mdpl dengan kondisi alam yang stabil dimana curah hujannya cukup tinggi, tanahnya subur dan beriklim tropis.

Varietas Kopi Puntang

Ada 3 varietas kopi Puntang yang mewakili karakteristik dari kopi Puntang, yaitu Lini S, Bourbon dan Typica. Varietas Lini S menjadikan kopi Puntang memiliki aroma lebih ke buah jeruk dan vanilla. Untuk varietas Bourbon, kopi Puntang beraroma lebih fruity yaitu stroberi, nanas dan, mangga. Lain halnya dengan varietas Typica yang menjadikan kopi Puntang beraroma floral.

Menurut Adit, Head Roaster di Narakopi Roastery, kopi Puntang adalah kopi yang karakternya bersih dan menarik karena memiliki aroma buah-buahan yang lebih menonjol (fruity). “Kopi Puntang sudah sangat familiar di kalangan peminum kopi. Kopi ini sangat clean dan menyenangkan rasanya jika diaplikasikan dengan teknik aplikasi penyeduhan apapun,” Adit mengatakan.

Kopi Puntang pernah mengikuti acara lelang di Atlanta, Amerika Serikat, pada tahun 2016 silam. Perhelatan yang diadakan oleh Specialty Coffee Association of America (SCAA) ini menobatkan kopi Puntang sebagai pemenang lelang dengan harga yang tinggi.

Sejak saat itulah kopi Puntang namanya mulai dikenal dan sempat menjadi kopi langka. Pada tahun 2017, kopi Puntang semakin dikenal karena dicicipi oleh Presiden Jokowi. Kopi Puntang pun sudah diekspor ke beberapa negara di Eropa.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply