Mengupas Biji Kopi Toraja Benteng Alla, Pemenang Lelang Kopi 2016 di Bali

Kopi Toraja Benteng Alla termasuk jenis kopi arabika dan mix varietas karena memiliki rasa yang cukup beragam. Pohon kopi Toraja Benteng Alla tumbuh subur di ketinggian 1.200-1.800 mdpl di Sulawesi Selatan.

Kondisi alam dengan curah hujan yang cukup tinggi dan kelembaban yang rendah menjadikan pohon kopi Toraja Benteng Alla mampu tumbuh dengan baik, ditambah lagi dengan topografi pegunungan dengan kemiringan 30°-60° serta mengandung banyak zat kapur.

Kepada BARECA, Michael Iskandar, Founder Afaba Coffee Roastery, menceritakan banyaknya pohon pelindung seperti pohon lamtoro, pohon gama dan diintegrasikan dengan ternak kambing dan sapi semakin mendukung pertumbuhan pohon kopi Toraja Benteng Alla. Maka tak heran, kopi Toraja Benteng Alla berhasil menjadi juara nasional kopi terbaik di tahun 2016 dalam kompetisi kopi specialty yang diadakan oleh SCAI di Bali.

Cita Rasa Kopi Toraja Benteng Alla

Kopi Toraja Benteng Alla memiliki cita rasa yang tinggi untuk floralnya, terkadang juga ditemukan cita rasa bergamot. Sekalipun menikmati kopinya dalam keadaan sudah dingin, karakter lime aciditynya membuat kopi ini semakin nyaman diminum. Michael juga mengatakan kopi Toraja Benteng Alla mampu menandingi floral dari kopi internasional misalnya seperti kopi Ethiopia.

Menurut Michael yang juga ahli pencicip kopi bersertifikat internasional untuk arabika dan robusta di Afaba Coffee Roastery sendiri lebih banyak menggunakan kopi dengan mix varietas, termasuk untuk kopi Toraja Benteng Alla. Hal ini dikarenakan Afaba Coffee Roastery ingin memberikan rasa yang lebih kaya lagi untuk pecinta kopi.

Penulis: Linda Endyanto

Leave a Reply