Mesa Tristianto, Tart Shell Renyah untuk Cita Rasa Tart yang Maksimal

Mesa Tristianto yang telah menggeluti dunia bakery dan pastry hingga menimpa ilmu di Le Cordon Bleu, London, kini mewujudkan kecintaannya melalui toko kue Baker Street dan baking course Baker Studio.

Salah satu menu yang ia tampilkan dalan toko kuenya ialah tart. Menurut Mesa, tren tart di Indonesia berbeda-beda disetiap daerah. Bila menurutnya Lemon Tart cukup populer di Jakarta, beda halnya di Bandung yang lebih cenderung meyukai jenis-jenis isian yang manis dan legit seperti pastry cream, chocolate ganache and cream cheese.

Selain filling, salah satu kunci dalam membuat tart yang enak ialah dari shell tart yang bagus. Bagaimana membuat shell tart yang kokoh, namun tetap renyah saat dikonsumsi. Pada edisi kali ini, Mesa akan memberikan sedikit tipsnya dalam mengolah tart yang baik.

  1. Gunakan mentega dalam suhu dingin, sebaiknya menggunakan mentega yang baru keluar dari chiller. Mentega dingin ini akan membuat shell tart semakin renyah, namun tetep lembut.
  2. Pastikan saat membuat shell tart suhu ruangan dalam keadaan dingin agar margarin tidak mudah lumer.
  3. Jika ingin memakai buah-buahan sebagai topping, pastikan gunakan buah yang segar dan pilih buah dengan warna menarik agar tart tampak lebih cantik. Gunakan buah yang segar dan pilih buah dengan warna menarik agar tart tampak lebih cantik..

Penulis: Ajeng Ziana Walidah

Fotografer: Dwi Ratri Utomo

 

 

Leave a Reply