Milkway by Isman Ramadhan

Setiap café dan coffee shop memiliki minuman kopi berbasis susu. Susu berperan penting dalam industri kopi. Mengolah susu menjadi minuman kopi yang bukan hanya enak, namun juga terlihat menarik menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang barista. Begitu pula dengan Isman Ramadhan, seorang barista berpengalamanyang kini telah memiliki sejumlah café dan produk susu sendiri.

Milkway adalah nama brand susu milik Isman. Pemilik dari Say Something Coffee ini mengatakan ide membuat susu ini berasal dari kompetisi barista Indonesia (Indonesia Barista Competition). Milkway dikenalkan kepada publik pada saat awal PSBB, sekitar bulan April 2020 melalui akun Instagram Isman @sendalljepitmasjid.

Saat ini, produk susu Milkway hanya dapat ditemukan di e-commerce dan di lokasi Say Something Coffee. Isman mengungkapkan bahwa Milkway memiliki karakter rasa yang rich, tekstur susu yang creamy, dan full body. Rasa susu ini juga lebih manis dan tidak mengubah rasa kopi ketika dicampurkan.

Menurut Isman, dalam proses produksinya susu segar dipanaskan menggunakan alat sous vide pada suhu 71°C sehingga bakteri-bakteri yang terdapat dalam susu mati dan susu steril. Jika ingin mengolah susu ini dengan kopi (milk base coffee drink), Isman menyarankan untuk memanaskan susu Milkway sekitar 65°C hingga 71°C. Isman menambahkan bahwa untuk menjaga ketahanan dan kualitas susu ini, sebaiknya disimpan di chiller pada suhu antara 4°C sampai 10°C.

Saat ini Milkway baru memiliki satu varian rasa saja, namun Isman juga terbuka dengan kemungkinan membuat variasi rasa lain untuk produk ini di masa yang akan datang. Berbeda dengan beberapa susu pasteurisasi lain yang ditemukan di pasar, susu Milkway dikemas dengan kemasan botol plastik berukuran 500 ml. Selain itu, di label susu Milkway terdapat resep mengolah susu, yang dibuat oleh Isman sendiri. Di e-commerce Say Something Coffee, susu Milkway juga dijual; di-bundling dengan sebotol kopi.

“Saat ini bisa saya katakan bahwa Milkway merupakan susu terbaik untuk industri kopi,” Isman menjelaskan keunggulan Milkway sambil menutup percakapan dengan BARECA.

Penulis: Alvina Wikarna

Foto: Dok. Isman Ramadhan dan BARECA Magazine

Leave a Reply