Möriz Chocolate, Sajikan Variasi Produk Cokelat

Cokelat yang sehat dan kaya akan nutrisi menjadi idaman bagi berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Keunggulan dari cokelat tersebut menjadi bagian dari konsep yang dimiliki oleh  Möriz Chocolate. Imelda, Marketing Manager Möriz Chocolate, menjelaskan kepada BARECA bahwa Möriz Chocolate didirikan oleh 2 orang yaitu Imelda Alianto dan Andy Van den Broeck. Möriz Chocolate memiliki banyak varian chocolate bar.

Gerai Möriz Chocolate

“Seperti namanya, chocolate bar adalah cokelat yang dibentuk dalam bentuk bar. Pada umumnya diberikan topping atau filling seperti kacang-kacangan dan buah kering. Perbedaannya antara chocolate bar dengan healthy chocolate bar terkait dengan tingkat persentase cacao content yang digunakan. Semakin tinggi persentase cacao content yang digunakan, maka semakin sehat cokelat tersebut. Sebaliknya, semakin rendah persentase cacao content yang digunakan, maka semakin banyak gula yang akan dipakai untuk membuat sebuah chocolate bar,” Imelda menuturkan.

75% Caramelized Almond and Sea Salt

Penggunaan kadar cacao pada chocolate bar di Möriz Chocolate beragam. Ada yang di kisaran 70%-80% seperti pada Caramelized Almond and Sea Salt dengan kadar cacao 75%, lalu 80%-90% seperti pada chocolate bar Roasted Almond dengan kadar cacao 82%, dan Premium Blend Cacao dengan kadar cacao 86%. 

Imelda melanjutkan, bahwa selain sehat, sering kali cokelat—terutama dark chocolate, disebut sebagai super food karena dapat membantu dalam pertumbuhan otot, menurunkan tingkat stress, memberikan energi tambahan serta dapat membantu meningkatkan ataupun memperbaiki mood seseorang.

Di Balik Nama Möriz

Imelda kemudian menceritakan di balik nama ‘Möriz’, yang merupakan sebutan bagi seorang pria keturunan Austria dan kelahiran Republik Cheska pada akhir abad ke-18. Möriz sangat menggemari dark chocolate pada masa hidupnya, dari kecintaanya tersebut Möriz memberi inspirasi kepada orang-orang di sekitarnya akan manfaat dari sebuah dark chocolate.

Imelda melanjutkan bahwa awal bisnis Möriz Chocolate adalah B to B business yang berdiri pada tahun 2010 yang kemudian pada tahun 2015 memulai produksi jenis Artisan Chocolates dan Branded Consumer Goods.

“Dari segi marketing, 80% hanya mengandalkan WOM (Word of Mouth) dikarenakan dark chocolate yang mulai berkembang pesat di Indonesia saat ini. Dengan kualitas tinggi yang dimiliki Möriz Chocolate, banyak sekali orang yang sudah mencicipi cokelat Möriz, akhirnya mempromosikan produk kami ke teman-teman mereka. Chocolatier kami pun berasal dari Belgia dan sangat mendalami industri cokelat. Dengan resep-resepnya yang unik dan modern, baik yang klasik dan tradisional, sangat cocok dengan selera dan lidah orang-orang Indonesia,” Imelda menjelaskan.

Variasi Produk Cokelat

Produk-produk yang ditawarkan oleh Möriz Chocolate adalah Chocolate Bars, Thin Bites, Pralines, Truffles, Rochers, dan (upcoming product) Chocolate Drinks. Dengan Chocolate Bar 86% Dark Chocolate dan Toasted Coconut and Almond Thin Bites sebagai produk best seller dan signature Möriz Chocolate.

Pilihan filing untuk chocolate bar dan praline-pun beragam, dari buah-buahan kering, kacang-kacangan, ganache, cacao nibs, coffee beans, lavender leaves, liquor, dan chia. Pilihan filling tersebut pun dapat bertambah seiring waktu sesuai dengan seasonal yang sedang ada seperti Natal, Valentine, dan Idul Fitri.

Penulis: Maria Benita A.

Photographer: Hendri Wijaya

Leave a Reply