Moven, Tetap Jalankan Bisnis di Masa Pandemi

Menjalankan Usaha Daring dan Offline Shop

Seiring dengan perkembangan usaha daring Moven, Deffy memutuskan untuk membuka gerai bakery yang digabungkan dengan coffee shop yaitu Moven Coffee, yang dibuka pada bulan Desember 2018 lalu. Gerai ini menjual cinnamon roll, minuman berbasis kopi, dan beberapa camilan lainnya. Didukung dengan suasana interior dari Moven Coffee, gerai ini menjadi tempat pilihan nongkrong anak-anak muda serta profesional muda di Jakarta.

Persaingan di bidang usaha food and beverage (f&b) memang ketat, maka sebagai pelaku usaha harus memiliki taktik dan strategi dalam memasarkan produk, menarik konsumen baru, dan mempertahankan pelanggan yang telah ada. Moven Coffee menawarkan program loyalty member kepada first time customer di mana untuk setiap pembelian senilai Rp 50.000 akan mendapatkan satu poin. Jika poin yang terkumpul sudah mencapai 10 maka konsumen tersebut bisa menukarkannya dengan makanan dan minuman gratis. Strategi ini dilakukan Deffy guna menarik perhatian konsumen baru agar menjadi repeat customer di Moven Coffee.

Tetap Melayani Selama Pandemik

Selama masa pandemik Covid-19 ini, Moven dan Moven Coffee tetap beroperasi menyajikan produk kepada konsumen, namun Moven Coffee hanya menerima pemesanan take away dan jam operasinya dikurangi. Setiap produk yang akan dikirim ke konsumen disiapkan dan dikemas dengan higienis dan safe, dengan memakai cable tie dan double bag.

Dengan ramainya kampanye stay at home saat tulisan ini dibuat, Moven Coffee meluncurkan produk baru yaitu kopi susu berukuran 500 ml dan 1 liter untuk dinikmati bersama anggota keluarga di rumah.

Menutup penjelasannya, Deffy menyampaikan pesan dalam memulai bisnis bakery, ²Sukai produkmu dan yakin bahwa produk tersebut bermanfaat bagi banyak orang. Sebelum memulai suatu bisnis, sebaiknya tentukan target pasar dan pelajari hal-hal lain di samping produk seperti packaging, kurir, dan marketplace.”

Tips Membuat Cinnamon Roll:

  1. Pastikan adonan roti kondisinya kalis.
  2. Gunakan bahan baku dengan kualitas yang baik dan komposisi resep yang tepat.
  3. Supaya gulungan roti tidak terlepas, bagian pinggir yang saling direkatkan agar jangan terkena butter atau terkena dusting tepung terigu yang terlalu banyak.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply