Ngobrol Bareng BARECA, Forum Diskusi Bersama Professional Chef dan Pelaku Usaha Baking

Ngobrol Bareng BARECA merupakan sebuah forum diskusi terbaru di channel Youtube BARECA, yang menghadirkan para narasumber dari kalangan professional chef atau baker, untuk membahas suatu topik bahasan di dunia baking tertentu.

Pada 20 Agustus 2021 lalu, Ngobrol Bareng BARECA yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi Bareca Magazine, Petrus Gandamana, menghadirkan 2 narasumber, yaitu Chef Dieter Speer dan Chef Heru Laksana.

Kisah Chef Dieter Speer di Bogor

Pada acara tersebut disampaikan oleh Chef Dieter bahwa pada awal Maret 2020 dia membuka sebuah bakery pastry shop di kota Bogor dengan nama Mister & Misses Cakes, yang menyajikan berbagai pilihan roti bergaya Eropa. Chef berpengalaman puluhan tahun di berbagai negara itu tidak mengira, berbagai karya roti dan pastry-nya disambut dengan sangat baik oleh masyarakat Bogor maupun luar Bogor.

Chef Dieter mengakui adanya kesulitan dalam penyediaan bahan baku di saat pandemi tahun 2020 lalu, tetapi hal ini tidak mengurangi semangatnya untuk bolak-balik ke Jakarta mengambil bahan-bahan baku penting yang tidak bisa dikirim ke Bogor, demi menghadirkan produk bakery dan pastry yang memakai bahan baku yang terbaik, sesuai dengan standar kualitas yang diinginkannya. Tak heran usahanya terus melaju pesat dan terus menambah karyawan.

Heru Laksana, Generasi Ketiga Usaha Bakery di Jakarta

Berbeda dengan bakery milik Chef Dieter yang berkonsep modern, Chef Heru Laksana mewarisi bakery dari sang Nenek yang sudah berdiri sejak tahun 1936, yaitu Maison Weiner. Chef Heru Laksana yang sempat menempuh pendidikan baking di Jerman dan Cake Decoration di Chicago, melanjutkan usaha bakery yang setia menyajikan aneka produk yang terkesan “kuno” dan banyak dipengaruhi oleh budaya Belanda karena disukai para pelanggan.

Mengikuti perkembangan jaman walau sudah melalui kurun waktu mendekati 90 tahun, Maison Weiner mulai merambah ke platform digital untuk salah satu opsi pemesanannya, selain juga masih setia dikunjungi para pelanggannya. Namun kreasi baru terus dihadirkan oleh generasi ketiga Maison Weiner dan kualitas produk-produknya terus dijaga, agar para pelanggan tetap setia dan generasi muda tetap bisa dirangkul.

Penulis : Alvina Eunice

Leave a Reply