Pengolahan dan cara menikmati kopi kenya



Pengolahan Kopi Kenya

“Proses pengolahan buah kopi Kenya yaitu pada tahap wet process. Proses ini akan semakin menonjolkan profil karakternya seperti aroma, body dan tingkat keasaman dari biji kopi tersebut. Flavour­-nya akan semakin jelas,” Fauzan kembali menuturkan.

Selain proses pengolahan yang memengaruhi profil kopi Kenya, menurut Fauzan perlakuan roasting juga sangat berpengaruh pada kualitas kopi. Sebaiknya biji kopi Kenya di-roasting pada tahap light to medium supaya flavour asli dari biji kopi tersebut tidak hilang.

“Proses roasting yang terlalu lama akan menghilangkan flavour, seperti contoh flavour cherry akan kurang menonjol jika biji kopinya di-roasting terlalu lama. Sebaiknya di-roasting dalam waktu sekitar 8-9 menit saja,” Fauzan menjelaskan.

Menikmati Kopi Kenya

Kopi Kenya berjenis Arabika, cukup mudah didapatkan di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. Menurut Fauzan, biji kopi Kenya biasanya dibanderol dengan harga Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per kilogramnya.

Kopi Kenya kategori AA biasanya dihargai lebih mahal karena benih dari kopi tersebut menerima nutrisi yang lebih banyak dari tanaman induk, juga mengandung gula dan asam organik yang lebih banyak.

Penikmat kopi Kenya wajib tahu bahwa kopi Kenya sangat pas jika diseduh dengan teknik yang menggunakan media paper filter. Teknik tersebutseperti V60 dan Kalita Wave, alat seduh kopi yang berasal dari Jepang. “Menyeduh dengan menggunakan paper filter akan semakin mengeluarkan profil flavournya,” Fauzan menuntaskan perbicangan.



Leave a Reply