Penyeduhan Kopi Ciberecek Untuk Mendapatkan Cita Rasa Maksimal

Kopi Ciberecek umumnya diseduh secara manual salah satunya dengan menggunakan metode Clever Dripper. Untuk penyeduhan segelas kopi Ciberecek yang panas dibutuhkan 17 gram kopi Ciberecek  dengan grind size kasar dan takaran air sebanyak 225 ml dengan suhu berkisar 93°Celsius.

Tahap Penyeduhan dengan Metode Clever Dripper

Diperlukan 2 kali tahap penyeduhan dimana pada tahap blooming awal menggunakan air sebanyak 65 ml dengan waktu tunggu sekitar 45 detik.

Kemudian pada tahap kedua dilakukan dengan menuang 160 ml air dan ditunggu hingga 2 menit 45 detik. Dengan menggunakan teknik  immersion  yg dimiliki oleh clever dripper, ekstraksi pada kopi bisa dimaksimalkan karena bubuk kopi dan air diendapkan secara bersamaan sesuai waktu yang diinginkan. Setelah 2 menit 45 detik, hasil seduhan dituang ke dalam gelas saji dengan cara meletakkan clever di permukaan gelas dan hasil seduhan Ciberecek akan secara otomatis keluar tanpa membawa bubuk kopi.

Hasil seduhan ini akan mengeluarkan aroma raspberry yang harum, lalu ketika dinimum akan terasa asam dan manis seperti  tangerine, lalu disambut dengan body yang cukup tebal dan aftertaste raspberry.

Penggunaan air mineral yang tepat juga akan memberi pengaruh pada karakter rasa dan kualitas dari seduhan kopi. Sebaiknya menggunakan air mineral yang memiliki kandungan pH sekitar 7.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply