Ragam Aplikasi Buttercream

Chef Heri Gunawan, Pastry Chef di Discovery Hotel & Convention Ancol menjelaskan mengenai aplikasi sejumlah buttercream. Menurut Chef Heri, buttercream terbagi dalam dua klasifikasi yaitu :

• Dairy buttercream : menggunakan mentega tawar (butter)

• Non dairy buttercream : menggunakan shortening.

Wedding Cake dalam 3 Tiers yang didekorasi dengan aneka bunga dari buttercream

Berdasarkan teknik pengolahannya, buttercream dikenal dalam beberapa jenis yaitu :

  • French Buttercream
    yaitu buttercream yang dibuat dengan mencampurkan whipped egg yolks dan mentega tawar (butter). Prosesnya didahului dengan membuat sugar syrup (soft boil stage) di suhu 120°C. Kemudian kuning telurnya dikocok lalu perlahan dituangkan sugar syrupnya. Saat sudah mengembang dan suhunya turun, bisa dimasukkan softened butter dan vanilla beans atau sesuai resepnya kemudian dikocok hingga buttercream mengembang, halus dan rata
  • Italian Meringue Buttercream
    Buttercream yang dibuat dengan mencampurkan whipped egg whites (meringue) dengan mentega tawar (butter). Prosesnya didahului dengan membuat sugar syrup (soft boil stage) di suhu 120°Celsius.
    Kemudian putih telurnya dikocok hingga berbuih lalu perlahan dituangkan sugar syrupnya. Jangan menuang sugar syrup sekaligus karena bisa membuat putih telur menjadi matang. Teruskan mengocok putih telur dan sugar syrup hingga menjadi meringue.
    Saat suhu meringue sudah menurun atau tidak lagi hangat, maka bisa dimasukkan softened butter dan vanilla beans atau sesuai resepnya kemudian dikocok hingga buttercream mengembang, halus, dan rata.
  • Swiss Meringue Buttercream
    Buttercream yang dibuat dengan mencampurkan whipped egg whites (meringue) dengan mentega tawar (butter). Prosesnya didahului dengan mengocok putih telur dan gula pasir secara au bain marie, hingga gula larut. Adonan putih telur kemudian dikocok dengan mixer hingga menjadi meringue. Saat suhu meringue sudah menurun atau tidak lagi hangat, baru dimasukkan softened butter dan vanilla beans atau sesuai resepnya kemudian dikocok hingga buttercream mengembang, halus, dan rata.
  • American Buttercream
    Buttercream-nya dibuat dengan mengocok mentega tawar (butter) dan icing sugar hingga cukup mengembang. Biasanya ditambahkan vanilla extract. Jika akan dijadikan buttercream yang lebih soft, misalkan untuk topping cupcake, dapat ditambahkan sedikit susu cair.
  • American Shortening Buttercream
    Merupakan buttercream yang dibuat dengan menggunakan campuran shortening. Saat ini, tipe buttercream yang menggunakan shortening dapat ditambahkan soft cream supaya tekstur buttercream-nya lebih ringan dan memberi aroma wangi yang khas.

Penulis: Dewi Sri Rahayu

Fotografer : Hendri Wijaya

Leave a Reply