Ragam Menu Minuman Sehat di Green and Beans

Di samping menu smoothie, ada pula menu cold pressed juice yang tidak kalah sehat dan segar. Juice itu sendiri adalah sari buah atau sayur murni, tanpa penambahan air dan gula. Keistimewaan cold pressed juice adalah sistem kerja mesin yang perlahan dan tidak menimbulkan panas sehingga menjaga kandungan vitamin dan mineral pada buah berhari-hari.

Proses membuat cold pressed juice diawali dengan mencuci dan mengupas kulit buah/sayur jika diperlukan dan dipotong-potong hingga berukuran cukup kecil sebelum dimasukkan ke dalam mesin slow press juicer, kemudian tampung sari buah/sayur ke dalam gelas dan jus siap disajikan.

Mesin slow press juicer beroperasi dengan memisahkan antara serat kasar buah dengan sari buah sehingga menghasilkan jus. “Kandungan serat dalam segelas jus lebih rendah dibandingkan smoothie, tetapi karena penggunaan material buah dan sayur yang berjumlah lebih banyak dan tidak adanya penambahan bahan liquid, maka kandungan vitamin dan mineralnya pada jus menjadi sangat tinggi,”Anna menuturkan.

Anna juga menyarankan dalam pembuatan jus untuk tidak memasukkan bahan jus terlalu banyak sekaligus ke dalam mesin karena dapat mengakibatkan mesin bekerja terlalu berat dan cepat rusak.

Kemudian agar dapat menghasilkan jus yang baik, perlu diperhatikan dengan saksama kualitas dan kondisi dari bahan yang digunakan. Seperti pada buah dan sayuran, penting untuk memperhatikan penampilannya. Buah dan sayur yang segar akan terlihat kencang dan tidak layu, tanpa bagian yang busuk, serta kondisi yang cukup matang.

“Selain itu, sangat penting untuk memastikan sayur dan buah tersebut merupakan tanaman organik atau tanpa pestisida dalam proses penanamannya karena sangat berbahaya jika terserap tubuh,” Anna menjelaskan. Agar buah dan bahan lainnya dapat terjaga kondisinya dengan baik, buah dan bahan disimpan di chiller dengan suhu 4-8˚C. Sedangkan jus cold pressed juice yang sudah dibuat dapat disimpan selama 3-5 hari di kulkas dengan suhu 4˚C.

Anna juga menjelaskan salah satu khasiat dan manfaat dari cold pressed juice, yaitu vitamin dan mineral yang mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat memberikan istirahat pada sistem pencernaan. “Selain itu melakukan juice fasting dengan hanya mengkonsumsi cold pressed juice dan air putih selama 1-2 minggu dapat menyeimbangkan gangguan hormon atau imun pada tubuh yang rusak akibat penumpukan racun dari pola makan yang tidak sehat sebelumnya,” Anna menuturkan.

Operasional Café di masa Penanganan Covid-19

Di tengah masa PSBB dan penanganan Covid-19, Anna mengaku hal tersebut turut mempengaruhi kondisi Green and Beans. Anna menjelaskan, pengaruh terasa ketika dine-in tidak lagi diperbolehkan, sehingga muncul tantangan untuk merubah konsep bisnis yang berbasis produk dan dine-in service menjadi berbasis produk saja.

Oleh karena itu, upaya yang dilakukan ialah menyederhanakan menu yang ada dan memfokuskan pada menu best seller dan menu yang memungkinkan untuk di take away serta pesan antar. Jam operasional Green and Beans selama masa PSBB ini ialah pukul 11.00 -19.00.

Untuk saat ini, pemesanan untuk pesan antar dan take away dapat dilakukan melalui Whatsapp dan aplikasi Grab (Grab Food) serta Gojek (Go Food). Pemesanan melalui Whatsapp dapat menghubungi 0811-2205-588 atau telepon di nomor (022) 4260826. Harga produk yang ditawarkan untuk minuman sekitar Rp 15.000 sampai Rp 55.000 dan makanan sekitar Rp 39.000 sampai Rp 89.000.

“Produk yang dipesan akan dikirimkan langsung dari Green and Beans di Jl. Bahureksa no.9, Bandung. Untuk layanan pesan antar, armada Green and Beans juga tersedia dengan jarak sampai 5 km dan dikenai biaya kirim yang sesuai dengan jarak pengiriman,” Anna menuturkan sembari menutup pembicaraan.

Penulis: Maria Benita A.

Fotographer: Dok. Green and Beans

Leave a Reply