Rempah-Rempah dalam Masakan Eropa Menurut Chef Oskar

Menurut Chef Oskar, dalam masakan Eropa, khususnya masakan Spanyol—termasuk pada kuliner Basque, ada beberapa jenis herbs dan spices yang biasa dipakai. Untuk herbs umumnya adalah rosemary, parsley, nasturtium, chia, mustard, tarragon, dan bay leaf. Sementara spice-nya adalah black pepper, sweet paprika, cinnamon, anana salt, dan saffron; spices ini juga biasa digunakan untuk membumbui daging dan ikan.

Salah satu spices yang cukup sering dipakai adalah saffron. Chef Oskar menuturkan bahwa tidak ada spices yang seistimewa saffron karena memiliki rasa earthy dan grassy serta aroma yang mirip bunga dan madu sehingga saffron dapat digunakan untuk aneka savory dan sweet dishes. Saffron juga memberikan warna keemasan pada setiap sajian makanan.

Chef Oskar mengatakan dengan menggunakan beberapa helai saffron saja, ada banyak hidangan yang bisa dibuat. “Saffron memberikan daya tarik yang misterius pada makanan mulai dari risotto dan milk pudding hingga curry dan fish stew,” demikian Chef Oskar menyampaikan pandangannya mengenai saffron sekaligus menutup serangkaian penjelasan menariknya mengenai kuliner Basque di Txoko Jakarta.

Penulis: Alvina Wikarna

Foto: Dok.Txoko Jakarta

Leave a Reply