Roasting dan Penyeduhan Kopi Puntang Natural Anaerob

“Narakopi Roastery yang biasanya me-roasting kopi lokal sejak tahun 2015, memiliki kopi Puntang yang diproses dengan natural anaerob,” Stevie, Co-Owner Narakopi Roastery menyampaikan.

Pada proses natural anaerob, ceri kopi yang sudah dipetik dan dipilih akan dimasukkan ke dalam wadah hampa udara sehingga tidak ada oksigen yang masuk. Dalam proses ini ceri kopi tidak dikupas. Bakteri yang hidup di keadaan hampa udara akan memecah protein menjadi gula sehingga secara otomatis kadar manisnya akan masuk ke dalam biji kopi.

Proses natural anaerob akan berjalan selama 32 jam dan menghasilkan kopi Puntang Natural Anaerob yang stroberinya lebih dominan dan ada sedikit aroma mangga dan floral hibiscus. “Dalam proses ini, perlu diperhatikan kestabilan kondisi alam dan kelembabannya supaya tidak terlalu lembab sehingga menjadikan bakterinya semakin aktif,” Adit mengungkapkan.      

Selain proses pasca panen natural anaerob, kopi Puntang yang memasuki masa panen di bulan Juni-Juli ini juga diproses dengan metode natural, honey dan washed.

Roasting dan Penyeduhan Kopi Puntang Natural Anaerob

Proses natural anaerob memproduksi kadar gula yang cukup tinggi pada biji kopi sehingga saat dilakukan roasting harus diperhatikan supaya bagian luar biji kopi tidak menjadi gosong. “Supaya biji kopi tidak menjadi gosong, kami me-roasting kopi Puntang Natural Anaerob dengan style slow roast. Kopi Puntang yang sudah di-roasting mampu bertahan dengan kualitas yang baik selama 3 bulan,” Adit menjelaskan.

Kopi Puntang dapat diseduh dengan teknik apapun, tergantung dari keinginan masing-masing peminumnya. Jika menyukai kopi dengan aroma yang baik, dapat diaplikasikan dengan teknik V60.

Yang ingin menikmati kopi dengan taste yang lebih manis, body atau tekstur yang jelas, dapat menggunakan Kalita Wave Driper. Ingin menikmati sensasi rasa yang menyenangkan, dapat pula menggunakan Origami Dripper dan resep seduh Big on End dengan komposisi 15 gram kopi, 230 ml air, dan suhu brewing 93° Celsius dengan waktu 2 menit 10 detik.

Penulis: Linda Endyanto

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply