Sajian Kopi Spesial dari Kopi mentjos 56

Sama seperti nama cafénya, ternyata Kopi Mentjos juga merupakan nama minuman signature di Kopi Mentjos 56. Berbeda dengan kopi susu gula aren yang sedang booming setahun belakangan ini, minuman ini terdiri dari espresso dari house blend beans, susu (fresh milk), gula aren, dan rasa kelapa yang menjadi ciri khas Kopi Mentjos.

“Minuman ini adalah minuman yang paling diingat oleh pengunjung café, maka dari itu Kopi Mentjos menjadi signature drinks kami,” Anwar menjelaskan tentang Kopi Mentjos.

Bagi pecinta kopi, Kopi Mentjos 56 juga dikenal atas sajian single origin coffee di mana biji kopi yang ada di Kopi Mentjos 56 berasal dari biji kopi lokal yang diambil dari beberapa daerah di Indonesia seperti Papua, Bali, dan Garut. Hingga saat ini Kopi Mentjos 56 memiliki hampir 10 jenis koleksi biji kopi lokal.

Selain itu, rasa kopi dari Kopi Mentjos 56 tingkat keasamannya tidak terlalu tinggi. Biji kopi ini diseduh menggunakan teknik manual brew V60, French Press, dan Tubruk. Pelanggan Kopi Mentjos 56 lebih sering memesan V60 karena rasa kopi hasil V60 dinilai lebih baik dan cara meminumnya lebih mudah.

Menurut Anwar, penikmat kopi akan datang dan menjadi tamu yang reguler ketika mereka menemukan tempat dengan rasa kopi yang konsisten. Sehingga untuk menjaga kualitas minumannya, Kopi Mentjos 56 selalu menekankan pada konsistensi rasa.

Setiap paginya, setiap barista yang bertugas selalu melakukan kalibrasi sesuai dengan SOP yang berlaku di Kopi Mentjos 56. Selain itu, pemilihan bahan baku juga harus tetap konsisten. Contohnya dalam memilih susu untuk minuman milk based, Kopi Mentjos 56 memilih susu dengan karakteristik rasa yang manis dan milky untuk minuman kopinya (latte dan cappuccino). 

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply