Sucre Patissier and Chocolatier, Sajikan Pastry a La Prancis

Kata ‘sucre’ yang memiliki arti gula dalam bahasa Prancis, menjadi nama yang dipilih oleh Gitta Angelina untuk bakery miliknya. Sucre Patissier and Chocolatier sudah berdiri sejak Januari 2013. Awalnya bermula dari sebuah usaha bakery yang berlokasi di rumah kontrakan milik kakaknya, hingga di tahun 2015 akhirnya didirikan gerai bakery di Jalan Kaca-Kaca Wetan nomor 3B, Bandung.

Bakery ini didirikan oleh saya bersama dengan adik dan kakak saya yang ikut membantu dalam mengelola usaha bakery ini,” Gitta menjelaskan. Gitta memilih nama ‘sucre’ untuk bakery-nya karena keinginannya memunculkan sisi feminin, cantik dan manis dari bakery tersebut. Makna ‘sucre’ menjadi nama yang cocok untuk merepresentasikan manisnya bakery tersebut.

Nutella Croissant

French Pastries

Dengan berbekal ilmu dan teknik French pastries yang didapatkannya di Le Cordon Bleu Sydney, Australia, Gitta membawakan gaya French pastries tersebut ke dalam produk-produk di bakery-nya.

“Di Sucre Patissier, saya juga bertanggungjawab sebagai pastry chef. Produk-produk yang disajikan masih saya buat sendiri, bersama dengan pegawai saya lainnya juga,” Gitta menjelaskan.

Gitta mengaku memang menyukai jenis-jenis cake dan classic pastry khas Prancis, maka produk-produk yang dibuatkannya berupa deretan cake, viennoiseries dan classic pastry seperti berbagai jenis rasa Chiffon Cake, Marble Cake, berbagai varian Croissant, Pain au Chocolate, berbagai jenis Tartes dan Gateaux.

Namun, di antara jenis cake dan classic pastries ada pula varian di antaranya mengikuti trend yang beredar seperti Red Velvet Croissant, Nutella Croissant, Salted Egg Croissant, dan kreasi unik Sucre Patissier lainnya seperti Durian Cheesecake, Garlic Cheese Croissant, dan Earl Grey Chiffon.

Dari semua produk yang ada, Chiffon menjadi produk signature Sucre Patissier dengan Cheese Chiffon sebagai best seller-nya. Gitta juga pernah membuat Chiffon dengan rasa kue putu, yang mana inspirasi tersebut muncul karena neneknya sangat menyukai kue putu.

Pain Au Chocolat

Croissant & Bicolor Croissant

Selain itu ada pula produk khas Prancis berupa croissant dengan bicolor croissant; croissant tersebut memiliki 2 warna. Bicolor croissant buatan Sucre Patissier berisi cokelat nutela yang akan lumer setelah dihangatkan.

Produk-produk croissant tersebut baru dimasukkan ke deretan produk Sucre Patissier pada tahun 2017. “Croissant adalah salah satu pastry khas Prancis, karenanya saya menghadirkan bicolor croissant, croissant sweet, dan savory croissant juga di Sucre Patisserie,” Gitta menjelaskan dan dilanjut dengan penjelasan cara pembuatan croissant di Sucre Patissier.

Penulis & Foto : Maria Benita A.

Leave a Reply