Tentang Menyeduh dan Mempertahankan Eksistensi kopi sumatra Lintong

Menyeduh Kopi Sumatra Lintong

Nagadi Coffee memiliki kopi Sumatra Lintong jenis kopi Ateng yang proses pengolahannya menggunakan metode full washed. Menurut Vero, perlakuan roasting yang tepat untuk biji kopi Sumatra Lintong adalah medium to dark.

Medium roast akan cocok bagi peminum kopi yang menyukai sentuhan aroma dan flavour dengan notes rempah-rempah. Dark roast sangat cocok bagi peminum kopi yang menyukai kopi dengan body yang strong,” Vero menjelaskan.

Menikmati kopi Sumatra Lintong dapat dengan berbagai cara aplikasi penyeduhan. Jika menggemari kopi strong yang kental dan smooth maka kopi Sumatra Lintong dapat dinikmati dengan jenis espresso based baik kopi hitam maupun kopi susu. Penyeduhan dengan manual brew akan cocok bagi mereka yang menyukai kopi yang light atau tea-like sensation.

Mempertahankan Eksistensi Kopi Sumatra Lintong

Saat ini area kebun biji kopi Sumatra Lintong seluas ± 200 ha dengan persentase ada sekitar 50% pohon kopi Sumatra Lintong yang produktif yang berumur 15 tahun, sebanyak 25% pohon kopi Sumatra Lintong berusia 25-30 tahun dan yang 25%-nya lagi merupakan pohon muda yang berusia antara 3-5 tahun. Menurut Vero, jika persentase tersebut dijaga maka kualitas dan hasil panen kopi Sumatra Lintong akan baik.

Menutup pembicaraan, Vero menyampaikan harapannya adanya peningkatan dalam bidang pangan, pertanian dan perkebunan. Dengan meningkatnya permintaan maka produksi akan meningkat. Produksi yang meningkat akan mendorong para petani biji kopi Sumatra Lintong untuk semakin produktif. “Hal ini tentunya akan membawa dampak pada pertumbuhan ekonomi yang baik,” Vero mengakhiri.

Penulis: Linda Endyanto

Leave a Reply