Tiga Jenis Cita Rasa Wine, Apakah Perbedaan Diantara Ketiganya?

3 Jenis Cita Rasa Wine

Selain dari proses pembuatannya, wine juga memiliki perbedaan dari cita rasanya. Perbedaan tersebut dikategorikan ke dalam tiga tipe yaitu full bodied, medium bodied, dan light bodied. Apakah perbedaan diantara ketiganya?

1. Full Bodied Wine

Full bodied wine dikenal dengan sifatnya yang pekat dan keras. Wine jenis ini umumnya berwarna merah pekat dan wine port cenderung lebih tajam karena disebabkan oleh kandungan kulit anggur (tannin). Setelah meminum full bodied wine, peminumnya bisa merasakan bagian mulut seakan dilapisi wine. Kandungan alkohol yang terkandung pada full bodied wine sekitar 13,5% atau lebih.

2. Medium Bodied Wine

Medium bodied wine atau yang dikenal sebagai wine “tengah” karena tidak pasti di mana batas perbedaannya. Wine ini dapat memberikan tekstur dengan kepekatan yang ringan hingga sedang atau sedang hingga pekat. Medium bodied wine cocok dipadukan sebagai pendamping makanan karena mengandung tannin yang seimbang dengan kadar keasaman yang pas. Medium bodied wine memiliki kandungan alkohol sebesar 12,5% hingga 13,5%.

3. Light Bodied Wine

Light bodied wine memiliki cita rasa yang ringan dan lembut di langit-langit mulut sehingga membuat wine ini populer selama musim panas. Karakter light bodied wine ringan dan segar, dengan kandungan alkohol di bawah 12%.

Leave a Reply