Tips Membuat Bapao yang Putih dan Cantik

Dalam membuat bapao dengan jumlah banyak, tentunya pasti ada kesulitan atau masalah yang umumnya dialami para pelaku usaha bakery. Berikut ini adalah solusi dari Chef Lanny Soechan untuk para pembaca BARECA Magazine:

  1. Jika warna bapao cenderung kusam, hal yang perlu diperhatikan adalah tepung terigunya. Gunakan tepung terigu protein rendah untuk mendapatkan hasil warna bapao yang putih bersih.
  2. Hasil akhir dari bapao yang cenderung keras juga masalah yang sering dialami. Masalah ini dapat diatasi dengan pembuatan biang yang difermentasikan selama 12 jam dan juga menambahkan air pada adonan untuk mendapatkan tekstur yang lembut.
  3. Jika mendapatkan bentuk bapao yang berkerut atau mengempis, solusinya adalah dengan mengantisipasi membuat adonan yang lebih kecil dan pengukusan dengan panas sekitar 90┬░Celcius.

    Menurut Chef Lanny, Indonesia juga memiliki bapao khas perpaduan Tiongkok dan Indonesia, yaitu Kue Ku. Kue yang satu ini terbuat dari adonan sama seperti bapao yang biasanya lalu diberi warna merah muda, kemudian diisi dengan kentang atau kacang hijau. Adonan yang sudah dicetak kemudian dikukus menggunakan alas dari daun pisang.

Leave a Reply