Tips Membuat Choux Ala Namelaka

Chef Yoan dan Chef Ivan adalah lulusan sekolah kuliner dari Australia. Berbekal pengalaman mereka di dunia kuliner, Chef Yoan dan Chef Ivan membagikan tips dan trik membuat choux yang maksimal kepada pembaca BARECA. Simak penjelasan berikut.

  1. Membuat Adonan choux

Dalam membuat adonan choux (choux paste), Chef Yoan dan Chef Ivan berpesan untuk memasak adonan choux (choux paste), hingga kering. Tanda adonan choux (choux paste), kering adalah terlihat lapisan adonan yang menempel pada permukaan pan.

2. Timing Memasukkan Telur

  • Setelah adonan choux (choux paste) dimasak, tentunya masih panas. Chef Yoan mengatakan agar adonan choux (choux paste) didinginkan dulu hingga suhu ruang. Jika telur dimasukkan ke adonan yang masih panas, maka telur akan overcooked dan choux tidak akan mengembang ketika dipanggang.
  • Setelah adonan tidak lagi panas, masukkan telur secara perlahan. Chef Yoan mengingatkan agar tidak memasukkan telur sekaligus (sesuai dengan jumlah pada resep), namun dengan memasukkan telur bertahap, sehingga dapat mengontrol konsistensi adonan. Chef Ivan juga menambahkan, jika telur dimasukkan sekaligus adonan kurang tercampur dengan baik.

3. Konsistensi Adonan

Konsistensi adonan choux (choux paste) yang siap dipanggang dilihat dari lama jatuhnya adonan dari paddle attachment ke dalam mixing bowl.

  • Konsistensi adonan choux (choux paste) yang pas adalah ketika adonan diangkat maka akan jatuh perlahan dalam beberapa detik dan tidak terlalu cair.
  • Adonan choux (choux paste) yang siap dipanggang juga bisa dilihat dari perubahan warna adonan dari warna yang pucat lama kelamaan menjadi shiny dan adonan tidak kaku.

4. Cara Memanggang Choux

Ada dua tahapan dalam memanggang choux.

  • Pertama, panaskan oven hingga suhu 200⁰C, lalu masukan choux, langsung turunkan suhu hingga 185⁰C dan panggang choux selama 15-20 menit.
  • Kedua, setelah 20 menit, turunkan lagi suhu sekitar 10⁰C dan panggang selama 15 menit untuk mengeringkan permukaan choux.
  • Jangan pernah membuka oven selama memanggang choux karena akan mengakibatkan choux menjadi kempis.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply