Tips Membuat Minuman Cokelat Ala Chocomazu

Enni Cahyadi Kosasih dengan senang hati berbagi tips singkat mengenai poin penting dalam meracik minuman cokelat yang diracik dari chocolate ganache base, antara lain:

  1. Jika menggunakan jenis couverture chocolate, suhu yang digunakan saat melelehkan cokelat harus tepat, sesuai jenisnya, agar hasil lelehnya maksimal; jika terlalu panas maka cokelat akan mudah rusak dan menghilangkan kandungan-kandungan bermanfaat didalam produk ini. Enni melelehkan dark couverture chocolate di suhu maksimal 45°Celsius lalu diturunkan hingga kisaran 25° – 28° Celsius.
  2. Cokelat couverture yang sudah leleh maksimal, kemudian dicampur dengan Pure Cocoa Powder untuk membuat chocolate ganache base. Chocolate ganache based kemudian digunakan sebagai base untuk berbagai racikan minuman cokelat.
  3. Komposisi Cokelat Couverture dan Pure Cocoa Powder untuk membuat chocolate ganache base tersebut haruslah tepat karena dapat mempengaruhi kekentalan chocolate ganache-nya. Enni menghindari chocolate ganache base yang terlalu cair karena dapat menurunkan kualitas tekstur minuman dan rasa minuman cokelat yang diracik di Chocomazu. Karakter minuman cokelat yang diterapkan di Chocomazu, yaitu memiliki rasa cokelat yang pekat dan tekstur yang kental.

Penulis: Dewi Sri Rahayu

Foto: Dok. Chocomazu

Leave a Reply