Tips Membuat Tea Mocktail Dari Pakar Teh, Ratna Soemantri

Ratna Somantri

Ratna Somantri adalah seorang Pakar Teh, Tea Consultant sekaligus Founder Indonesia Tea Institute. BARECA merangkum uraian mengenai teh dan tea mocktail dari opini Ibu dengan satu anak ini. Berikut kesimpulannya:

Apa itu Teh?

Pada dasarnya, teh adalah segala jenis minuman yang diseduh dan terbuat dari daun tanaman teh Camellia Sinensis.

Tanaman teh paling cocok ditanam di daerah yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi dimana udara tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

Di Indonesia teh banyak tumbuh di daerah dataran tinggi.

Brewing

Suhu yang diperlukan untuk menyeduh teh juga berbeda-beda, berikut panduan umumnya:

  • White Tea: 75°C – 80°C
  • Green Tea: 70°C – 80°C
  • Oolong: 80°C –  95°C
  • Black Tea: Di atas 90°C

Lama waktu penyeduhan berpengaruh pada rasa teh yang akan dihasilkan. Lama waktu menyeduh juga dilihat dari jenis teh dan karakter apa yang ingin diperlihatkan.

Teh jenis di atas dapat diseduh berulang kali, tiap seduhannya menciptakan rasa yang berbeda.

Apa itu Tisane?

Tisane adalah minuman yang terbuat dari segala macam bunga, daun, buah, batang, dan umbi yang dikeringkan, diseduh dan diminum seperti teh. Namun, tisane tidak dapat dikatakan sebagai teh karena tidak mengandung tanaman Camellia Sinensis.

Tisane dapat dikatakan teh ketika sudah dicampur dengan daun teh, dan biasa dikenal dengan nama tea blend.

Tisane diseduh pada suhu 90⁰C sampai 98⁰C seperti black tea, agar aroma yang dikeluarkan maksimal.

Tea Mocktail

Tea mocktail adalah minuman berbahan dasar teh yang dicampur dengan bahan lain untuk menciptakan jenis minuman baru yang unik.

Tujuan dari membuat tea mocktail adalah membuat teh yang biasa dikonsumsi sehari-hari menjadi minuman yang spesial.

Pencampuran teh dengan bahan lain (sirup, buah, rempah, dan lain-lain) telah menjadi tren baru di kalangan pecinta kuliner dan dalam dunia gastronomi, sejak beberapa tahun terakhir ini.

Menjadi Tea Mixologist

Seorang Tea Mixologist yang sukses adalah mereka yang mampu membuat kreasi dari teh yang biasa menjadi minuman baru yang unik, spesial, dan disukai oleh orang yang mencicipinya.

Tea Mixologist harus mampu menciptakan keseimbangan antara teh dan bahan tambahan lainnya.

Untuk menjadi Tea Mixologist, latar belakang pengalaman di industri food & beverage/f&b dan pengetahuan tentang teh, penting untuk dimiliki. Jika salah satu aspek tidak dipelajari, maka minuman yang dihasilkan tidak dapat berkembang.

Teh memiliki karakter rasa dan aroma yang berbeda, maka seorang Tea Mixologist harus banyak mencoba berbagai jenis teh.

Tips Membuat Tea Mocktail

  • Umumnya, tea mocktail dapat dibuat dari jenis teh apa saja, namun jangan memakai jenis teh yang terlalu mahal.
  • Selain dari sisi cost, ada beberapa jenis teh mahal yang memang dijual untuk dinikmati rasa tehnya saja, tanpa diberi bahan tambahan.
  • Jenis teh yang mudah untuk dibuat tea mocktail adalah green tea, black tea, oolong, dan flavored tea. White tea bisa digunakan, namun agak sulit karena karakternya yang lembut. Tisane juga dapat digunakan.
  • Dalam membuat tea mocktail, rasa teh harus menjadi komponen utama. Maka pengetahuan mengenai karakter teh sangatlah penting untuk menentukan rasa dan tampilan warna tea mocktail.

Leave a Reply