Tips Pembuatan Sandwich Menurut Chef Cynthia

Salah satu pemilik Sandshack yang juga bertanggung jawab sebagai chef, Chef Cynthia, mengaku membuat semua menu sandwiches yang disajikan di Sandshack. Bagi Chef Cynthia, sandwich erat kaitannya dengan layers dan tekstur.

Bagian-Bagian di dalam Sandwich

Layers menjadi salah satu ciri sandwich. Di dalam sebuah sandwich, umumnya terdapat 3 lapisan, yaitu:

  1. Bread/Roti: Roti yang digunakan untuk membuat sandwich sangatlah beragam, mulai dari white bread/toast bread, whole wheat bread, aneka sourdough bread, aneka European bread, dan sebagainya.
  2. Sauce/Condiment/Spread: Antara lain seperti mentega, mustard, aneka mayonnaise, pesto, aioli, dan sebagainya.
  3. Filling/Isian: Beragam daging, seperti aneka cold cuts, turkey, ayam, sapi, babi, corned beef, sosis, ikan contohnya tuna, aneka seafood, dan sebagainya, dapat menjadi isian sandwich. Isian juga mencakup aneka keju, sayuran segar, tumisan jamur, tumisan sayuran, caramelized onion, pickles, dan sebagainya.
  • Tips:
    • Roti sangat memegang peranan di dalam sandwich. Pilih roti dengan tekstur yang cukup kokoh, supaya bisa menahan isian di dalamnya. Pemilihan roti, kembali kepada style sandwich yang ingin dibuat.
    • Jika mengacu kepada European sandwich, tentu ragam European bread maupun sourdough bread yang bertekstur chewy dengan lapisan kulit roti yang renyah, dapat dipilih.
    • Jika mengacu kepada Japanese sandwich, pilih white bread yang cukup kokoh, namun tetap lembut teksturnya, dan bagian kulit roti tidak keras.

Penulis: Dewi Sri Rahayu

Fotografer: Hendri Wijaya

Leave a Reply