Tips Singkat Pembuatan Mooncake menurut Yudyca Putra

  1. Minyak yang digunakan sebaiknya menggunakan minyak kacang berkualitas agar aromanya tidak terasa mentah dan halal tentunya.
  2. Golden Syrup yang digunakan sebaiknya memiliki tingkat kekentalan yang wajar (tidak terlalu pekat maupun encer), warna yang gelap keemasan, namun tidak pahit.
  3. Untuk adonan kulit, komposisi antara tepung, minyak, dan gula (golden syrup) harus seimbang. Jika terlalu banyak tepung, adonan akan keras dan sulit untuk membungkus isian (pecah). Jika terlalu banyak minyak, adonan memang mudah dicetak, namun hasil panggangan tidak merata. Jika terlalu banyak gula, adonan akan sulit dicetak (lengket) dan hasil panggangan tidak akan kokoh.
  4. Suhu pemanggangan mooncake disesuaikan dengan jenis oven yang digunakan. Croyaki menggunakan deck oven dengan suhu optimal 165°C-170°C (suhu atas) dan 155°C-160°C (suhu bawah). Lama pemanggangan dapat disesuaikan dengan ukuran mooncake; ukuran standar sekitar 20-35 menit. Untuk pemanggangan dalam jumlah besar, suhu sebaiknya dinaikkan sebanyak 5°C.

Leave a Reply