Tips & Trick Chiffon CAke dari Mei Mei Tanujaya

Membahas mengenai chiffon cake dalam BARECA Magazine edisi September 2021 ini, BARECA berkesempatan untuk mewawancarai Mei Mei Tanujaya selaku baking instructor dan owner dari Bake A Wish Baking Course. Menurut Mei Mei, Chiffon cake adalah kue ringan, lembut, dan berpori halus. Bahan chiffon cake sangat mudah ditemukan, yaitu telur, gula, tepung terigu, minyak sayur, susu cair atau santan.

Pada dasarnya, chiffon cake adalah cake yang cukup mudah dibuat namun sangat tricky. Kegagalan yang biasanya terjadi bagi para pemula umumnya pada tahap berikut:

a. Memanggang

Banyak pemula yang belum familiar dengan oven yang mereka gunakan sehingga suhu yang dipakai untuk memanggang kurang tepat. Suhu oven yang kurang sesuai menyebabkan chiffon cake berpinggang, menyusut, bahkan jatuh ketika loyang dibalik ketika sudah matang. Suhu ideal memanggang chiffon cake adalah 160°C-170°C selama 50-70 menit, tergantung dari jenis oven masing-masing.

b. Mengocok putih telur

Tahap pengocokan putih telur yang paling baik adalah sampai tahap firm peak yang mana putih telur sudah mengkilap dan berjambul tetapi bergoyang-goyang. Tahap ini di antara soft peak dan stiff peak. Meringue yang belum firm peak atau stiff peak biasanya menjadi salah satu faktor yang menggagalkan proses pembuatan chiffon cake. Untuk pemula, Mei Mei menyarankan untuk mengocok meringue sampai stiff peak.

Leave a Reply