Van Houten Professional Virtual Launching Party

1 April 2021 lalu, Van Houten Professional meluncurkan produk compound chocolate terbaru mereka di pasar Indonesia. Virtual launching party yang diselenggarakan melalui aplikasi zoom ini dimeriahkan oleh 3 orang chef handal, yang menunjukkan aplikasi produk Van Houten Professional pada berbagai produk pastry.

VHP (Van Houten Professional) Intense Dark Compound, VHP Milk Compound, VHP White Compound, dan VHP Semi Sweet Baking Chips 8000 Count adalah empat produk baru dari Van Houten, yang ditujukan untuk semua pengguna baik kategori pemula dalam dunia pastry maupun kalangan profesional. Peserta virtual launching party sebelum acara telah dikirimkan hampers yang berisi sample produk serta kue yang dibuat dari produk Van Houten Professional.

Acara dibuka dengan sambutan dari Yann Le Noa selaku Gourmet Sales Director Van Houten Southeast Asia dan Denny H. Ardiwinata selaku Gourmet Sales Manager Van Houten Indonesia. Kemudian, dilanjutkan dengan baking demo dari Chef Tusyadi yang merepresentasikan pemakaian produk untuk kalangan professional, Chef Beatrix yang mewakili pemakaian produk untuk pemula dan usaha rumahan, serta Chef Nina Bertha yang mewakili pemakaian produk untuk usaha bakery (entrepreneur).

Chef Ferrial Ekbar, technical chef dari Van Houten Professional Indonesia, membuka baking demo bersama dengan Chef Tusyadi yang menunjukkan proses pembuatan Walnut Choco Tart, Chocolate and Cheese Dome with Mango Jelly. Chef Tusyadi menggunakan VHP Intense Dark Compound dalam elemen Walnut Chocolate Royal, glaze, dan chocolate decoration, juga VHP Milk Compound untuk membuat Choco Milk Cheese Mousse.

Chef Tusyadi menilai, bahwa produk compound chocolate dari Van Houten Professional cocok untuk aplikasi produk-produk pastry di hotel dan juga untuk professional user. Dia juga menilai bahwa produk VHP dari segi harganya termasuk cost effective, tekstur atau workability yang baik, dan rasa yang juga baik.

Baking demo kemudian dilanjutkan oleh Chef Beatrix yang membuat Choco Lemon Pie. Kue ini adalah tipe no bake cake atau kue yang dibuat tanpa dipanggang. Chef Beatrix menggunakan cookie crumb sebagai base pie-nya, chocolate ganache yang dibuat dari VHP Intense Dark Compound, dan juga lemon custard yang dibuat dengan VHP White Compound.

Menurut Chef Beatrix, produk compound chocolate Van Houten Professional cocok digunakan oleh kalangan pemula dan home bakers karena cara aplikasinya yang mudah.

Sebagai penutup acara virtual launching party Van Houten Professional, Chef Nina Bertha mendemonstrasikan cara membuat Gluten Free Energy Truffle. Chef Nina menggunakan 3 varian compound chocolate dari VHP untuk melapisi truffle. Menurut Chef Nina kinerja produk VHP sangat baik saat digunakan untuk aplikasi truffle.

Chef Nina juga membagikan tips dalam pemakaian compound chocolate untuk coating, yaitu sebaiknya dipakai dalam suhu 32°C untuk coating yang agak tebal dan suhu 38°C untuk coating yang lebih tipis.

Penulis: Alvina Wikarna

Fotografer: Kanno Sardella

Leave a Reply