Yuk Simak Hal Teknis dalam Pembuatan Chiffon Cake bareng Chef Diana Cahya!

Diana Cahya, celebrity Chef dan chef demonstrator, yang namanya sudah banyak dikenal di kalangan pastry enthusiast, membagikan informasi penting mengenai bisnis dan trend chiffon cake serta apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat chiffon cake agar hasilnya maksimal. Menurut Diana Cahya, chiffon cake adalah cake yang memiliki karakteristik yang sangat ringan, lembut, mengembang, empuk, dan berpori jelas dan harum. Bahan yang biasanya digunakan adalah telur, tepung terigu, gula, minyak sayur, dan vanilla.

Beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan dalam membuat chiffon cake:

a. Konsistensi Meringue

Meringue atau campuran putih telur dan gula yang dikocok mengembang sampai tahap soft peak cenderung stiff peak. Pada tahap tersebut meringue lebih mudah dan cepat teraduk ke dalam adonan basah.

b. Konsistensi Adonan

Konsistensi adonan chiffon cake cenderung kental. Kekentalan adonan dipengaruhi oleh konsistensi meringue (penjelasan poin a), di mana konsistensi adonan yang stabil menghasilkan chiffon cake yang mengembang sempurna.

c. Penggunaan Cream of Tartar atau Lemon Juice

Beberapa resep chiffon cake menggunakan cream of tartar atau lemon juice sebagai bahan penstabil meringue. Namun bahan tersebut tidak diperlukan jika menggunakan telur dalam keadaan yang segar. Telur yang segar ketika dikocok dapat mengembang hingga delapan kali dari volume awalnya. Keasaman dari cream of tartar ataupun lemon juice dapat membantu putih telur mencapai potensi volume penuhnya, dan menstabilkannya dengan membantu menahan air dan udara yang ada di dalam putih telur.

d. Pemanggangan

Suhu oven dan durasi waktu pemanggangan mempengaruhi hasil akhir chiffon cake. Suhu dan waktu memanggang tergantung dari oven masing-masing. Untuk memanggang chiffon cake harus memahami kondisi oven yang dipakai dengan baik.

e. Membalikkan Chiffon Cake

Karena lembutnya teksur cake ini, chiffon cake membutuhkan waktu untuk membentuk kerangka dan waktu untuk merenggang setelah panas di dalam oven. Itulah sebabnya chiffon cake harus dibalikkan setelah matang.

Leave a Reply